BPJS Kesehatan Atambua Tinjau Ulang Kelayakan Faskes Mitra

BPJS Kesehatan Atambua Tinjau Ulang Kelayakan Faskes Mitra

Tundukan Centrum F.C, Sikka United Juara PU Cup Tahun 2016
Rayakan Natal Bersama, Gubernur NTT: Yang Berbeda Adalah Tantangan Kehidupan Kita
Dandim 1613/SB: Olahraga Bersama, Wujud Soliditas TNI-Polri

PORTALNTT.COM, ATAMBUA – Kualitas pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) harus senantiasa dijaga dan dipastikan sesuai standar. Untuk itu, BPJS Kesehatan melakukan proses rekredentialing atau proses penilaian kembali kelayakan setiap rumah sakit yang akan melakukan perpanjangan kerja sama sebagai mitra BPJS Kesehatan.

“Proses rekredentialing biasanya dilakukan pada akhir tahun terhadap setiap rumah sakit yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, yang akan melanjutkan kerja sama pelayanan kesehatan satu tahun ke depan. Nah, dalam proses rekredensialing ini, kita akan menilai kembali terkait ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) seperti ketersediaan tenaga medis, juga Sumber Daya Sarana (SDS) meliputi fasilitas penunjang diasnostik pelayanan kesehatan yang memenuhi standar,” tutur Kepala Bidang Penjamin Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Atambua Putu Gede Wawan Swandayana.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Direktur Rumah Sakit Sito Husada di Atambua dr. Welly Kwangtana saat ditemui di sela-sela proses rekredensialing di Rumah Sakit Sito Husaha. Menurutnya, sudah menjadi kewajiban bagi seluruh fasilitas kesehatan untuk menjaga mutu pelayannya kepada peserta JKN-KIS sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kalau menurut saya rekredensialing memang harus dilaksanakan. Pertama karena regulasinya jelas mengharuskan begitu. Yang kedua supaya kita punya standar, karena di sini ibaratnya kita menjual jasa pelayanan kesehatan dan BPJS Kesehatan membeli jasa pelayanan kesehatan tersebut yang kami tawarkan. Jadi memang harus ada penilaian kelayakan sesuai standar. Apabila dalam proses rekredensialing ada yang kurang dari kami, maka kami berkomitmen untuk memperbaiki dan memenuhinya,” jelasnya.

Sebagai informasi, saat ini di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Atambua terdapat 8 rumah sakit yang telah menjadi mitra, yakni RSUD Atambua, Rumah Sakit Sito Husada, Rumah Sakit Katolik Marianum Halilulik di Kabupaten Belu dan RSUD Kefamenanu, RSU Leona Kefamenanu, Rumah Sakit Kusta dan Cacat Umum Bunda Pembantu Abadi Naob di Kabupaten Timor Tengah Utara dan RSUD Soe di Kabupaten Timor Tengah Selatan serta RSPP Betun di Kabupaten Malaka.

Komentar Anda?

COMMENTS

DISQUS: 0