Bupati Sumba Barat Ingatkan Kepala Desa Jangan Main-main Dengan Uang Desa

Bupati Sumba Barat Ingatkan Kepala Desa Jangan Main-main Dengan Uang Desa

PORTALNTT.COM, WAIKABUBAK - Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole mengatakan agar kepala desa dalam penggunaan dana desa dan ADD jangan mai

Dira Tome: Tugas Pemimpin Adalah Mengatasi Masalah dan Beri Solusi
Sosialisasi Tim Saber Pungli di Kecamatan Umbu Ratunggay
Balon Gubernur NTT Dipolisikan Wartawan Media Online

PORTALNTT.COM, WAIKABUBAK – Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole mengatakan agar kepala desa dalam penggunaan dana desa dan ADD jangan main-main.

“Terkait dengan penggunaan Dana Desa dan ADD, saya ingatkan kepada para kepala desa agar jangan main-main dengan dana desa,” tegas Bupati Dapawole ketika membuka Rapat Koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Percepatan Pelaksanaan APBDes Tahun 2018, Senin (14/05/2018) di Aula Kantor Bupati Sumba Barat yang dikuti oleh para kepala desa/lurah, Camat, Pendamping Lokal Desa, dan juga dihadiri oleh Kepala KPP Pratama Waingapu, Kepala BPJS, Kadis PMD Provinsi beserta staf, kepala OPD Kabupaten Sumba Barat.

Bupati Dapawole juga menegaskan kepada para Kepala Desa agar memanfaatkan dan mengelola dana tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa bukan sebaliknya untuk memperkaya diri sendiri.

Lanjut Bupati, Khusus untuk kegiatan Padat karya Tunai, ketentuan minimal 30 persen Hari Orang Kerja (HOK) benar-benar diimplementasikan sehingga sasaran program tersebut dapat tercapai.

Terkait transparansi dana desa Bupati juga menginstruksikan agar Baliho yang sudah dianggarkan dalam APBDes dapat dipasang pada tempat-tempat strategis agar mudah dilihat oleh masyarakat.

“Jika terdapat hal-hal yang masih membingungkan para kepala desa, jangan segan-segan untuk berkoodinasi dengan pihak-pihak terkait antara lain Dinas PMD, Inspektorat, Kecamatan maupun para Tenaga Pendamping Profesional. Perlu adanya komitmen bersama saling mendukung, mengawasi, memperkuat para kepala desa agar penggunaan APBDes dapat berjalan efektif, aman dan lancar,” kata Bupati Dapawole.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumba Barat, Y.J. Ndapamerang, SP.MM, dalam kesempatan itu mengatakan bahwa kegiatan Rakor ini bertujuan Menetapkan langkah-langkah strategis dalam rangka percepatan pelaksanaan APBDES tahun anggaran 2018 dan ingin menyamakan persepsi tentang beberapa regulasi antara lain terkait pelaksanaan  program Padat Karya Tunai di Desa (PKTD), perpajakan, serta asuransi kesehatan.

Ndapamerang dalam laporannya juga mengatakan bahwa ada keterlambatan dalam hal transfer dana desa. Perkembangan transfer dana desa dari rekening kas umum daerah ke rekening kas desa per hari, Jumat (11/05) sudah proses 25 desa dan hari ini akan diselesaiakan 38 Desa dan rampung secara keseluruhan. Hal tersebut dikarenakan terdapat beberapa kendala diantaranya ada pergantian kepala desa yang dilantik sehingga harus lakukan penyesuaian-penyesuaian.

Mengakhiri sambutannya, terkait kejadian-kejadian terorisme, Bupati Sumba Barat kembali menegaskan agar para Camat dan Kepala Desa/Lurah untuk tetap menjaga suasana yang kondusif, tidak memperkeruh suasana dengan membagikan (Men-Share) informasi, foto, video tindak kekerasan di media sosial maupun group-group WA dan jangan mudah terprovokasi oleh informasi yang tidak jelas kebenarannya dan harus terus berkoodinasi dengan pihak-pihak terkait agar dapat mengikuti setiap perkembangan yang terjadi. (ADR/Mus)

Komentar Anda?

COMMENTS

DISQUS: 0