Keseruan Klub Prolanis Dalam Memeriahkan HUT RI

Keseruan Klub Prolanis Dalam Memeriahkan HUT RI

PORTALNTT.COM, KOTA KUPANG – Menyongsong Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, Puskesmas Sikumana memadukan kegiatan prolanis bersama berbagai pe

Hut NTT ke-58, Lebu Raya : NTT Tidak Ditakdirkan Untuk Miskin
Pengerjaan RLH Desa Tebole Terkesan Lambat, Penerima Mengeluh
Persit KCK Kodim 1613/SB Juara Satu Lomba Gerak Jalan

PORTALNTT.COM, KOTA KUPANG – Menyongsong Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, Puskesmas Sikumana memadukan kegiatan prolanis bersama berbagai perlombaan pada, Jumat (16/08).

Terlihat peserta klub prolanis dengan dresscode merah putih telah membanjiri halaman depan Puskesmas Sikumana beserta staf dan Kepala Puskesmas Sikumana.

#IklanHUTRI#

“Kami sangat mendukung kegiatan prolanis ini. Kami tadi menggabungkan kegiatan prolanis dengan memeriahkan hari kemerdekaan yang ke-74. Saya melihat para lansia sangat-sangat antusias dan gembira sekali ketika dilombakan tiga perlombaan tadi. Mereka berpesan kedepannya untuk setiap kali kegiatan, mereka pun dilibatkan karena memang mereka merasa bahwa jiwa mereka masih sangat muda. Semoga kedepannya kami berkoordinasi dan bekerja sama dengan baik lagi untuk kesehatan para lansia kedepannya,” tutur Kepala Puskesmas Sikumana, dokter E. Evalina Corebima.

Selain memberikan jaminan pelayanan kesehatan, program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan juga memiliki beberapa program promotif dan preventif yang memberikan manfaat bagi peserta, salah satunya adalah Program Pengelolaan Penyakit Kronis atau yang biasa disingkat dengan Prolanis.

Prolanis adalah salah satu program dalam era JKN-KIS dengan sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang melibatkan peserta dan fasilitas kesehatan. Program ini bertujuan untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal.

Salah satu peserta klub prolanis Puskesmas Sikumana, Daniel Amnifu menyampaikan rasa syukurnya atas program ini. Menurutnya, kegiatan-kegiatan seperti ini sebagai hiburan untuk mereka dan yang terpenting untuk mengetahui kondisi penyakit yang diderita mereka.

“Saya sudah menjadi peserta prolanis disini mulai dari tahun 2012. Di tahun 2019 ini, baru pernah ada bermacam-macam kegiatan seperti ini. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Puskesmas Sikumana yang selalu memperhatikan kita dalam pemeriksaan kesehatan. Terlebih hari ini sangat berkesan lagi karena ada perlombaan-perlombaan 17 Agustus-an. Harapan kami, ibu dokter lebih memperhatikan kami tentang kesehatan kami. Dan jika memang ada kegiatan-kegiatan lainnya maka diharapkan untuk bisa melibatkan kami. Kami sangat bangga karena menurut saya, kami sangat diperhatikan meskipun peserta di puskesmas sini cukup banyak,” jelas Daniel.

Tak lupa juga sebelum memulai perlombaan, para peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin oleh seorang dirigen. Perlombaan yang dilombakan adalah lomba tarik tambang, memasukkan paku ke dalam botol dan membawa balon di dahi.
Hingga Juli 2019, tercatat sebanyak 4.075 peserta Program JKN-KIS yang telah terdaftar sebagai peserta Prolanis wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Kupangyang mencakup Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Alor, Kabupaten Sabu Raijua, dan Kabupaten Rote. (ir)

Komentar Anda?

COMMENTS

DISQUS: 0