Home / Nasional / Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Resmikan Jalan Rabat Beton di Desa Bera Dolu

Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Resmikan Jalan Rabat Beton di Desa Bera Dolu

1727 Kali dibaca

Bagikan Halaman ini

PORTALNTT.COM, WAIKABUBAK – Menteri Desa, PDT Transmigrasi Eko Putro Sanjoyo, dalam rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Sumba Barat meresmikan Jalan Rabat Beton di Kampung Lete Kamugila Desa Bera Dolu Kecamatan Loli Kabupaten Sumba Barat NTT, Kamis 18 Januari 2018.

Jalan Rabat Beton yang diresmikan Mentri Eko Putro Sanjoyo, adalah program padat karya yang dibiayai dari Dana Desa TA 2017.
Jalan Rabat Beton sepanjang 120 M dan lebar 3 M2 dibangun untuk melayani 7 Kepala Keluarga di Kampung Lete Kamugila Dusun I Desa Bera Dolu Kecamatan Loli Kabupaten Sumba Barat.

Peresmian jalan rabat beton tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Eko yang disaksikan Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole, Wakil Bupati Sumba Barat, Wakil Bupati Sumba Timur, Dirjen PMD Kemendes, para Direktur Lingkup Kemendes, pejabat dari Dinas PMD Provinsi NTT, Sekda Sumba Barat, pejabat eselon II Pemkab Sumba Barat, Camat Loli, Kades Bera Dolu dan warga masyarakat Desa Bera Dolu.

Yance Kaleka, Kades Bera Dolu dalam penjelasannya kepada Menteri Desa menyebutkan bahwa jalan rabat beton dibangun untuk sarana transportasi yang representatif bagi warga Kampung Lete Kamugila yang pemukimannya terletak di atas bukit sehingga jalan masuk kampung cukup terjal.

“Hal ini sangat menyulitkan warga ketika harus mengangkut hasil panen karena kendaraan tidak dapat menjangkau kampung secara mudah,”kata Kades Yance.

Lebih jauh Kades Bera Dolu, menjelaskan bahwa program padat karya pembangunan jalan rabat beton dikerjakan oleh warga kampung.

“Material yang dibeli hanya pasir, kerikil dan semen, sedangkan batu gunung dikumpulkan warga secara bergotong royong dan diupah dari Dana Desa,” katanya.

Sementara itu Menteri Eko dalam dialog singkatnya dengan warga, menegaskan bahwa hasil evaluasi pemerintah atas program Dana Desa, telah terjadi kemajuan signifikan di pedesaan di seluruh Indonesia.

“Karena itu, pemerintah akan terus meningkatkan Dana Desa agar percepatan pengentasan kemiskinan di desa segera terwujud,” kata Menteri Eko.

Selanjutnya Menteri Eko berpesan kepada warga Desa Bera Dolu agar sarana jalan rabat beton itu dapat dimanfaatkan sebagai sarana transportasi untuk menunjang pertumbuhan ekonomi warga.

Untuk diketahui setelah melakukan kunjungan kerja di Sumba Barat Menteri Desa akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Sumba Timur. (DSBM/Mus)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini