Mobile JKN Dalam Genggaman, Semua Aman

Mobile JKN Dalam Genggaman, Semua Aman

PORTALNTT.COM, KOTA KUPANG – “Kini Semua Ada Dalam Genggaman”. Itulah tagline yang diusung BPJS Kesehatan untuk aplikasi Mobile JKN. Sejak diluncurka

Olahraga Bersama Persit Kartika Chandra Kirana, Dandim 1613/SB Minta Persit Dukung Tugas Suami
Blusukan ke Pasar, Jeriko Terima Banyak Keluhan Pedagang
Kodim 1613/SB Lakukan Program Jambanisasi bagi Masyarakat di Kodi Balaghar

PORTALNTT.COM, KOTA KUPANG – “Kini Semua Ada Dalam Genggaman”. Itulah tagline yang diusung BPJS Kesehatan untuk aplikasi Mobile JKN. Sejak diluncurkan November tahun 2017, Mobile JKN sangat memberikan kemudahan kepada peserta program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Mobile JKN adalah sebuah aplikasi BPJS Kesehatan yang memungkinkan para peserta mengakses layanan BPJS seperti cek tagihan, cetak kartu e-ID, skrining kesehatan, ubah data, cek virtual account, pendaftaran autodebit, dan sebagainya dengan cepat dan mudah.

#IklanHUTRI#

Asep Firman Ramdhan (24) merupakan peserta JKN-KIS yang berasal dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Saat ditemui tim Jamkesnews usai bekerja, Asep yang akrab disapa bersedia berbagi pengalamannya mengenai Mobile JKN.

“Dengan aplikasi Mobile JKN ini, saya nggak perlu lagi menunjukkan kartu fisik JKN-KIS lagi jika saya lupa. Kalau pakai Mobile JKN kan, tinggal nunjukin KIS digital aja. Menurut saya, ini inovasi yang sangat mudah dan praktis sih di zaman now ini. Karena hampir semua orang udah pada pake smartphone ya kan, barang yang harus dibawa kemana-mana setiap saat pasti kan smartphone,” ujar pria yang bekerja sebagai Customer Service di salah satu bank di Kota Kupang.

Salah satu kemudahan yang terdapat pada aplikasi Mobile JKN adalah sistem antrian online. Dengan sistemantrian online, peserta yang akan melakukan pemeriksaankesehatan tidak perlu mengantri lama di Fasilitas Tingkat Pertama (FKTP) karena peserta akan mendapatkan secaralangsung nomor antrian dan informasi kepastian waktu pelayanan.

“Saya juga pernah memanfaatkan antrian online yang ada padaMobile JKN di fitur pelayanan. Waktu itu saya rasa kondisi sayakurang fit karena kecapean. Pas sebelum pulang kerja, sayamengambil nomor antrian secara online. Jadi saya nggak perluke kliniknya untuk mengambil nomor antrian dan saya nggak perlu meninggalkan pekerjaan saya,” tambah Asep.

Dengan banyak kemudahan yang ditawarkan, membawa Mobile JKN masuk menjadi Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Diharapkan Mobile JKN pada genggaman peserta program JKN-KIS, semakin memudahkan peserta dalam hal pelayanan khususnya pelayanan adminstratif di era digital. (ir)

Komentar Anda?

COMMENTS

DISQUS: 0