Negaraku: Kekayaanku

Negaraku: Kekayaanku

Opini: Fr. Yudel Neno Indonesia Negara Bangsa Indah ketika merefleksikan tentang Indonesia. Siapakah Indonesia. Indonesia bukan milik perorangan

Ratu Wulla Talu, Bidadari Kaya Prestasi Dari Pulau Seribu Kuda
Media Pilkada Kota Kupang 2017: Persamaan Jonas Salean dan Jefri Riwu Kore
Ada apa dengan Anjing Kacili?

Opini: Fr. Yudel Neno

Indonesia Negara Bangsa

Indah ketika merefleksikan tentang Indonesia. Siapakah Indonesia. Indonesia bukan milik perorangan dan perkelompk orang. Indonesia adalah kita semua. Kita semua berada di segala pelosok. Kita semua berbeda-beda. Perbedaan itu adalah keragaman yang terindah. Kita berbeda-beda tetapi tetap satu. Karena itu kita adalah kekayaan milik Indonesia. Keragaman adalah kekuatan dan kekayaan kita. Kita disatukan dalam satu tanah air, satu bumi kelahiran, satu bangsa, satu bahasa. Kita adalah satu. Karena itu Indonesia adalah negara bangsa.

Indonesia Negara Pancasila

Pancasila adalah dasar negara. Pancasila adalah ideologi negara. Lima Sila Pancasila adalah kristalisasi dari keragaman rakyat Indonesia. Pancasila adalah sumber pertama dan terutama terhadap segala hukum Negara Indonesia. Siapapun dia dan apapun caranya, ketika merongrong Nilai-nilai Pancasila, mereka harus disikapi.

Indonesia Negara Kesatuan

Indonesia indah karena segala keragaman disatukan bukan dipaksakan untuk disamakan menjadi satu saja. Segala perbedaan menjadi satu dalam Pancasila. Indonesia adalah Negara Kesatuan. Satu itu indah karena satu adalah titik awal menuju miliaran.

Indonesia Negara Hukum

Indonesia Negara Hukum, tetapi bukan negara yang penuh hukuman. Terhadap setiap pelanggar hukum, mereka patut dan harus ditindak menurut hukum yang berlaku.

Indonesia Negara Beragama

Indonesia Negara Beragama bukan Negara Agama. Indonesia dihuni oleh umat yang beragama dan Beragama menurut keyakinan masing-masing. Indosiar bukan Negara Agama karena itu sangatlah haram untuk dipaksakan paham tertentu dari paham keagamaan untuk dijadikan sebagai dasar dalam negara Indonesia.

Komentar Anda?

COMMENTS

DISQUS: 0