Pengukuhan IKBS di Bali, Wabup Sumba Barat Minta Junjung Tinggi Sikap Saling Menghormati

Pengukuhan IKBS di Bali, Wabup Sumba Barat Minta Junjung Tinggi Sikap Saling Menghormati

PORTALNTT.COM, BALI - Wabup Sumba Barat, Marthen Ngailu Toni, SP, saat memberikan sambutan pada pengukuhan Pengurus Ikatan Keluarga Besar Sumba (IKBS)

Lama Vakum, Pengurus BMPS NTT Periode 2016-2021 Akhirnya Dilantik
Doni Dihen: Jiwa Dan Batin Masyarakat Flotim Untuk Tumbuhnya Politik Yang Bermartabat
Beasiswa PIP, Plt Walikota : Akan Segera Koordinasi Untuk Pencairan

PORTALNTT.COM, BALI – Wabup Sumba Barat, Marthen Ngailu Toni, SP, saat memberikan sambutan pada pengukuhan Pengurus Ikatan Keluarga Besar Sumba (IKBS) di Bali, Sabtu (14/05/2018) menyampaikan ucapan terimakasih pada panitia yang telah mengundang Bupati Sumba Barat yang dalam hal ini dihadiri  olehnya sebagai Wakil Bupati Sumba Barat.

Dia memberikan apresiasi pada organisasi atau paguyuban kekeluargaan ini, sekaligus dengan harapan, kiranya para pengurus dan anggota IKBS Bali selalu mempertahankan rasa kekeluargaannya, saling menolong dan saling mengayomi sesama saudara di perantauan.

Lebih lanjut Wabup Toni meminta agar masyarakat Sumba di Bali dapat turut serta memelihara dan mempromosikan nilai nilai luhur adat budaya Sumba dalam kerangka NKRI.

Ia juga berharap agar semua orang Sumba di Bali khususnya orang Sumba Barat agar selalu menghormati adat istiadat, budaya masyarakat setempat di perantauan.

“Ibarat kata pepatah, dimana tanah di pijak disitu langit dijunjung sehingga dengan demikian, kita sebagai warga perantau dapat diterima oleh warga setempat,” kata Wabup mengingatkan.

Selain itu, wabup juga minta pada semua anggota IKBS agar membekali diri dengan dokumen-dokumen kependudukan yang sah serta memenuhi syarat syarat administrasi kependudukan sehingga tidak menyulitkan diri sendiri jika dibutuhkan.

Pada kesempatan itu juga Wabup berpesan agar setiap anggota IKBS khususnya pelajar dan mahasiswa yang melaksanakan studi di Bali dapat belajar dengan sungguh-sungguh, sehingga ketika pulang kembali di Sumba kelak dapat memberikan nilai tambah terhadap kualitas sumber daya manusia Sumba sebagai aktor dan subyek pembangunan.

“Kita Sumba terkenal dengan potensi pariwisatanya yg luar biasa, bahkan Sumba secara umum diakui dunia adalah yang terindah di dunia baik dari keindahan alamnya maupun budaya adat istiadat nya. Oleh karena itu, untuk mengembangkan potensi pariwisata yg luar biasa tersebut membutuhkan manusia unggul dari sisi ilmu pengetahuan sehingga kita orang sumba tidak hanya jadi penonton bahkan bukan tidak mungkin menjadi korban laju kemajuan jaman,” jelas Wabup mengakhiri sambutannya.(ANDR/Mus)

Komentar Anda?

COMMENTS

DISQUS: 0