Cegah Pelanggaran, Panwaslu SBD Lakukan Pertemuan Bersama Dandim 1613/SB

  • Whatsapp
banner 468x60

PORTALNTT.COM, WAIKABUBAK – Dalam rangka mencegah pelanggaran pada saat pilkada, panitia pengawas pemilu (panwaslu) kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) melakukan pertemuan dengan Dandim 1613/SB Letkol Inf Fifin Zudi Syaifuddin, di ruangan kerja Dandim 1613/SB, Kamis (7/12).

Ketua panwaslu SBD, Dickson Daly S.Sos, mengatakan, terkait netranitas TNI dalam pemilihan Gubernur, Bupati, Wali Kota dan Legislatif, sangat diperlukan agar menjaga Pemilukada berjalan aman.

“Kalau untuk peluang kecurangan pilkada serentak nanti khususnya Sumba Barat Daya, ada kemungkinan tapi sebagai pengawas pemilu harus melakukan pencegahan, dan dalam melakukan pencegahan kami melakukan pendekatan kepada para stakeholder sehingga jangan terjadi kekucuarangan tersebut seperti yang pernah terjadi pada tahun 2014,” ungkap Daly.

Untuk itu Daly mengatakan, perlu dibangun sinergisitas, kerja sama sehingga meminimalisir terjadinya pelanggaran-pelanggaran.

“Contohnya kalau ada salah satu partai politik atau pasangan calon ketika pada saat pemasangan baliho harus sesuai aturan yang ditentukan KPU. Pemasangan baliho bukan kewenangan dari partai politik tetapi KPU yang akan mencetak baliho sekaligus memasangnya, akan ditempel dan malakukan koordinasi dengan pemerintah daerah titik-titik mana yang harus dipasang baliho tersebut,” jelasnya.

Apabila ada pelanggaran, kata Dia, pihaknya, akan mencegah dengan bersurat untuk supaya jangan melakukan hal seperti itu.

“Kalau demikian terjadi akan mengundang protes dari partai politik yang ada. Di SBD saat ini karena tahapannya belum berjalan, situasi politik itu tidak akan memanas. Saya rasa pelajaran yang kemarin menjadi catatan bagi semua pihak untuk supaya ke depan pemilu SBD ini benar-benar pemilu yang berkualitas, berdemokratis dan berjalan apa yang diharapkan oleh masyarakat SBD,” pungkasnya. (Mus)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60