Program JKN Jadi Angin Segar Buat Mahasiswa Ini

  • Whatsapp
banner 468x60

PORTALNTT.COM, KOTA KUPANG – Sebagai seorang mahasiswa Cindy (22) sering menghabiskan waktunya untuk menyelesaikan tugas kuliahnya hingga larut malam. Cindy mengaku seringkali menjalani pola hidup yang kurang sehat. Mulai dari tidak teraturnya pola makan dan tidur di karenakan banyaknya tugas yang dikerjakan. Cindy menceritakan seringkali dirinya mengalami sakit yang mengakibatkan beberapa kali rawat inap di rumah sakit terdekat.

“Saya seringkali tidak sarapan pagi sebelum berangkat ke kampus, akibatnya saya sering merasakan sakit pada lambung saya. Awalnya saya merasakan ada yang menganjal pada kerongkongan, terutama saat menelan. Pada saat itu saya mengingat saya punya kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Saya langsung ke Fasilitas Kesehatan tempat saya terdaftar untuk memeriksa. Di sana saya dilayani dengan baik dan cepat, namun kata dokter saya harus melakukan rawat inap untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ungkap Cindy, Selasa (24/05).

Dirinya mengatakan akan sulit bagi keluarganya jika harus menggunakan biaya sendiri untuk pengobatan. Menjadi peserta JKN membuat Cindy sadar akan manfaat dari program ini. Cindy juga sering meyebarkan pengalaman positifnya tersebut kepada kerabat terdekatnya yang belum terdaftar sebagai peserta JKN untuk segera mendaftarkan diri beserta anggota keluarga sebelum sakit. Menurutnya, melalui pengalaman-pengalaman yang baik seperti dirinya dalam menggunakan JKN sudah sepatutnya turut serta membantu menyukseskan Program JKN.

“Menurut saya kita tidak pernah tau kapan sakit itu akan menghampiri kita. Jadi sebaiknya disiapkan dari sekarang dengan menjadi peserta JKN, karena jika sakit, kita akan kesulitan, apalagi masalah biaya pengobatan yang semakin hari semakin tinggi,” ungkap Cindy.

Cindy berterima kasih kepada Pemerintah karena benar-benar memperhatikan seluruh masyarakat dengan hadirnya program ini. Dirinya berharap agar Program JKN dapat di jalankan dengan baik.

“Harapan saya untuk ke depannya, semakin banyak peserta yang terdaftar sebagai peserta JKN dan sadar untuk membayarkan iuran meskipun tidak menggunakannya sehingga program ini terus ada dan terus berlanjut. Semoga peserta yang terdaftar sebagai JKN dapat tetap dilayani dengan lebih baik di pelayanan kesehatan manapun. Sehingga kita akan sangat terbantu dengan pelayanan yang baik untuk mengakses pelayanan nantinya,” kata Cindy. (ai/sw)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60