Puncak HUT TNI Ke-72, Dandim Rusyadi Bacakan Amanat Panglima TNI

  • Whatsapp
banner 468x60

PORTALNTT.COM, LARANTUKA – Dalam puncak perayaan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia ke-72, Komandan Kodim 1624/Flotim, Lektol Inf Dadi Rusyadi dalam sambutannya membacakan amanat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Perayaan yang dilakukan dalam upacara apel militer, di Lapangan apel Makodim 1624/Flotim Jalan Udayana, Kelurahan Lokea, Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur (Flotim), pada Kamis (05/10/2017), dibawah inspektur upacara Komandan Kodim Dadi Rusyadi sendiri.

Dalam sambutan yang dibacakan tersebut, Panglima TNI mengatakan, peringatan ke-72 Hari TNI Tahun 2017 kali ini, dilaksanakan secara terpusat dengan menampilkan upacara parade, defile dan demonstrasi atraktif kemampuan para prajurit maupun Alutsista TNI.

Hal ini katanya, sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada Presiden selaku Panglima Tertinggi dan seluruh rakyat Indonesia tentang kesiapan Alutsista TNI termasuk yang terbaru dan performa prajurit TNI, sehingga bangsa Indonesia dapat melihat kekuatan TNI secara langsung, sebagai komponen utama pertahanan negara.

” Oleh karena itu, tema pokok pada kegiatan HUT ke-72 ini adalah “Bersama Rakyat TNI Kuat”. Makna yang terkandung di dalam tema tersebut adalah, TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi, yang terus bergerak secara dinamis,” kata Panglima TNI seperti yang dibacakan Dandim Rusyadi.

Dikatakannya, Kesejatian tersebut harus terus ditumbuh kembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kesatuan Republik Indonesia. Kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat, merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibkatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela Negara. Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat adalah inti dan pusat kekuatan (centre of gravity) dari sistem pertahanan semesta yang kita anut,” ungkapnya.

Lebih lanjut dalam amanat Gatot Nurmantyo mengatakan, Pembangunan kekuatan TNI terus dilaksanakan dalam rangka menjaga kesinambungan pembangunan pada tahap sebelumnya guna menuju pencapaian pembangunan Postur Ideal. Pembangunan kekuatan TNI tetap difokuskan kepada modernisasi Alutsista, pengembangan organisasi, pembangunan sarana prasarana terutama di pulau-pulau strategis yang disesuaikan dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis dan ketersediaan anggaran.

” Pembangunan Pulau Terluar tertentu yang bersifat strategis merupakan salah satu bentuk kebijakan pembangunan kekuatan TNI yang dijadikan pedoman guna mendukung pelaksanaan tugas pokok dan perannya sebagai alat pertahanan negara. Pembangunan prioritas pulau terluar tersebut adalah Pulau Natuna, Pulau Yamdena (Kata Saumlaki), Pulau Selaru, Pulau Morotai, Pulau Biak dan Kabupaten Merauke,” katanya.

Dalam upacara tersebut turut hadir, Bupati Flotim Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST , Wakil Bupati Flotim Agustinus Payong Boli,SH , Ketua DPRD Flotim Yosep Sani Bethan, ST , Kapolres Flotim Arri Vaviriyanto, S.Ik, M.Si , Kajari Larantuka I Putu Astawa,SH , Ketua Pengadilan Negeri Larantuka Setyo Yoga Siswantoro,SH , Sekda Flotim Anton Tonce Matutina, SH, BA , Ketua Persit KCK Cabang XXII kodim 1624/Flotim Ny. Siti Nurhasanah SH, Ibu Ketua Bhayangkari, Ibu Ketua PKK Kab. Flotim, Ibu Ketua Dharma Wanita Kabupaten Flotim, seluruh pimpinan OPD Kabupaten Flotim, Pimpinan BUMN dan BUMD Flotim, ibu-ibu persit KCK Cabang XXII Kodim 1624/Flotim, ibu-ibu Bhayangkari, Purnawirawan dan Warakawuri. (Ola)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60