Sukseskan Pemilu dan Meningkatkan Kesadaran Masyarakat

  • Whatsapp
banner 468x60

PORTALNTT.COM, WAIKABUBAK – Dalam rangka menyukseskan pemilu dan Meningkatkan Kesadaran masyarakat, Panwaslu Sumba Barat (SB) menyelenggarakan rapat dengan sejumlah stakeholder, di ruang rapat Panwaslu, Sabtu (16/12) yang dihadiri Ketua panwaslu SB, Kasdim 1613/SB, Iptu ketut Siarhta dari Polres SB, Kesbangpol, Jojon D Lumbang Gaol, Kejaksaan SB, Satpol PP, panwaslu kota dan panwaslu kecamatan.

Dalam kesempatan ini ketua panwaslu Papi B. Ndjurumana, STh, mengatakan pertemuan ini bertujuan agar seluruh stakeholder dapat menjalankan perannya masing-masing untuk menjaga keamanan saat pemilu sehingga apa yang diharapkan masyarakat dapat tejalan dengan baik.

Sambutan Iptu ketut siarhta menyampaikan, apabila masyarakat terganggu dalam pemilihan gubernur-pilpres atau tidak aman maka, kepolisian/TNI sebagai pengayom. Untuk melaksanakan pilkada secara lubers tidak boleh memaksa kehendak orang lain, sekarang peraturan baru bahwa pemilik harus memiliki kartu elektronik, sehingga panwaslu, kepolisian/TNI, masyarakat selalu bersenergi untuk menyukseskan pemilu secara aman dan tertib.

“Mari sama-sama melaksanakan tugas negara ini karena kita di sumpah sehingga harus betul-betul kita jaga situasi dengan baik. Semua tempat-tempat penting kepolsian/ TNI akan standby demi kelancaran pemilu,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dia mengatakan menjelang Natal dan tahun baru kondisinya belum dikatakan aman karena maksiat kapan saja akan terjadi setiap saat, tetapi kita harapkan natal dan tahun baru dapat berjalan aman dan terkendali.

“Kita jangan terlena dengan suasana tersebut,” tegasnya.

Kasdim 1613/SB Kasim, menyampaikan sebagai perwakilan masyarakat tujuan sebagai aparat TNI/Polri selalu siaga demi masyarakat karena masyarakat mengharapkan aman dan tentram dalam pemilu nanti. Khusus TNI, netralitas adalah harga mati, mari kita kerja sama bukan kerja sendiri-sendiri, bukan hanya di bidang ini saja tugas kita semua, tetapi selalu memantau situasi yang akhirnya dapat menjamin keamanan untuk Sumba Barat yang damai sejahtera.

“Apabila ada politik uang segera dilaporkan pada pihak berwajib karena muaranya akan menjadi situasi kurang baik bagi masyarakat,” kata Kasim.

Sementara kepala Kesbangpol SB, Pua Sape Mawung S.Sos, MSi mengatakan terkait netralitas ASN harus netral dalam pemilu Gubernur, pilpres. Kepala dusun, desa dalam pilgub-pilpres 2018 tidak boleh terlibat politik paraktis, dan pemasangan baliho atau spanduk pada tempat yang ditentukan sehingga kota menjadi rapi dan indah.

Kadis kependudukan Yermias Dapa Doda mengatakan di kabupaten SB, masalah KTP Elektronik masih banyak yang belum melakukan perekaman sehingga bisa diprediksi adanya terjadi pelanggaran dalam pemilu tentang data wajib KTP.

“Kami dinas kependudukan akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendata mulai dari proses administrasi maupun pembuatan KTP. Masih banyak masyarakat yang melaksanakan perekaman sehingga pembuatan KTP terhambat. Kami akan berkoordinasi dengan dusun, desa sebagai aparat pemerintah daerah,” tegas Yermias Dapa Doda. (Mustari)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60