Ayo Miliki Pengalaman Luar Biasa, Akses Layanan Kesehatan Dengan JKN-KIS

  • Whatsapp
banner 468x60

PORTALNTT.COM, KOTA KUPANG – Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan BPJS Kesehatan sudah banyak memberikan manfaat untuk masyarakat.

Hadirnya program ini tidak lepas dari dukungan masyarakat yang sudah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS.

Dengan semakin banyak peserta yang terdaftar di program JKN-KIS ini, maka semakin banyak masyarakat yang dijamin pengobatannya ketika membutuhkan pelayanan kesehatan.

Sebagai salah satu peserta JKN-KIS, Ulfah. M Abdullah (22) mengaku sangat terbantu dengan hadirnya Program JKN-KIS. Ia pernah menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat di rumah sakit karena sakit batu ginjal. 

Dirinya pun mengatakan bahwa selama menjalani perawatan di rumah sakit, dirinya selalu dilayani dengan sangat baik oleh petugas rumah sakit.

“Saya sempat menggunakan JKN-KIS ketika dirawat selama 3 hari di rumah sakit karena batu ginjal. Saya bersyukur karena selain diberikan pelayanan yang baik,  selamabiayanya pun dijamin penuh Program JKN-KIS,” ujar Ulfah.

Ulfah pun menceritakan bahwa selama menjadi perserta JKN-KIS, dirinya sudah sering menggunakannya. Meski banyak masyarakat yang menganggap negatif Program JKN-KIS, namun, berdasarkan hal yang ia alami, Ulfah menganggap Program JKN-KIS merupakan program pemerintah yang sangat luar biasa membantu masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan tanpa dipusingkan dengan biayanya.

“Selain saya gunakan saat rawat inap, sering juga saya gunakan untuk berobat di puskesmas karena demam. Meskipun ada anggapan kalau peserta JKN-KIS mendapatkan pelayanan yang berbeda dengan pasien umum, tetapi saya tidak menemukan hal yang demikian. Saya dilayani sama dengan pasien umum lainnya dan tidak ada perbedaan pelayanan yang saya dapatkan, baik itu di puskesmas maupun di rumah sakit,” imbuhnya.

Berbekal dari pengalaman yang ia ceritakan tersebut, dirinya dengan penuh semangat mengajak serta masyarakat untuk semakin percaya dengan Program JKN-KIS dan ia pun mengajak masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS untuk segera mendaftarkan diri beserta anggota keluarga sebelum sakit.

“Manfaat menjadi peserta JKN-KIS telah saya rasakan langsung, tidak ada rugi sama sekali menjadi peserta JKN-KIS, untuk itu bagi masyarakat yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen mandiri, agar rutin membayar iuran tepat waktu setiap bulannya agar terhindar dari penonaktifan kepeserta sehingga kartu selalu dapat digunakan ketika kita sakit,” tutup Ulfah mengakhiri pembicaraan. (dh/sw)
 

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60