BPJS Kesehatan Atambua Ingatkan Peserta Bayar Iuran Lewat Tele Collection

  • Whatsapp
banner 468x60

PORTALNTT.COM, ATAMBUA – Sebagai langkah dalam meningkatkan kolektabilitas iuran peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang biasa disebut peserta mandiri di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), BPJS Kesehatan Cabang Atambua terus berkomitmen untuk mengingatkan kepada peserta untuk terus rutin membayar iuran.

Lewat tele collection, BPJS Kesehatan Atambua terus mengumpulkan sekaligus memberikan informasi JKN-KIS kepada peserta terkait penyelenggaraan Program JKN-KIS.

“Telecollecting merupakan kegiatan penagihan melalui telepon kepada peserta PBPU yang merniliki tunggakan iuran,” ujar Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Atambua Dessy Natalia Adoe, Jumat (19/06).

Dessy juga mengatakan bahwa kegiatan tele collection ini dimanfaatkan untuk melakukan edukasi kepada seluruh peserta dan untuk memaksimalkan penagihan.

Bukan hanya itu, Dessy menyebut petugas tele collection juga akan mengingatkan peserta bahwa iuran JKN-KIS dapat dibayarkan melalui Payment Point Online Banking (PPOB) yang telah bekerjasama, diantaranya Kantor POS, Indomaret, Alfamart, Alfamidi dan outlet PPOB lainnya.
Untuk memaksimalkan proses penagihan, petugas tele collection juga menyarankan untuk mendaftar sistem pembayaran autodebit yang bisa dilakukan di bank mitra kerja sama BPJS Kesehatan seperti Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, M-Cash.
Sistem autodebit berlaku untuk peserta PBPU baru mendaftar maupun yang telah terdaftar sebelumnya.

“Dengan adanya petugas telecollecting BPJS Kesehatan ini, maka sangat membantu dalam mengingatkan peserta untuk menjalankan kewajibannya membayar iuran terlebih bagi peserta yang sibuk sehingga terkadang lupa membayar iuran setiap bulannya dan juga memudahkan peserta dalam memperoleh informasi terkait kanal pembayaran iuran,” tambah Dessy.

Hal ini yang juga dirasakan oleh Tarhadi (60), salah seorang peserta JKN-KIS segmen PBPU kelas III yang sempat dihubungi oleh petugas tele collection BPJS Kesehatan Cabang Atambua.

Ia merasa sangat terbantu dan berterima kasih karena diingatkan untuk membayar iuran oleh petugas tele collection.

“Saya biasanya selalu membayar iuran tepat waktu, tapi sejak bulan Mei saya lupa membayar karena terlalu sibuk mengurus warung makan. Saya berterima kasih karena sudah diingatkan untuk membayar dan mengetahui jumlah tagihan iuran yang harus saya bayar sampai dengan bulan ini. Saya tidak perlu lagi ke kantor BPJS Kesehatan,” ujar Tarhadi menutup pembicaraan. (PN)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60