Home / Daerah / BPJS Kesehatan Keluarkan Terobosan Baru Demi Membantu Masyarakat di Masa Pandemik Corona

BPJS Kesehatan Keluarkan Terobosan Baru Demi Membantu Masyarakat di Masa Pandemik Corona

4707 Kali dibaca

Bagikan Halaman ini

[addtoany]
[addtoany]

PORTALNTT.COM, ATAMBUA – Sesuai anjuran pemerintah agar masyarakat tetap berada di rumah dan mengurangi aktivitas di luar atau kontak dengan banyak orang serta diberlakukan kebijakan penyesuaian sejumlah pelayanan guna mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), hal ini mengakibatkan banyak masyarakat yang tidak dapat mengakses pelayanan publik baik karena kantor pelayanan publik tersebut ditutup atau hanya memberikan pelayanan terbatas sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Hal tersebut mendorong Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk kian gencar mengajak peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dalam memanfaatkan layanan elektronik seperti aplikasi Mobile JKN yang dapat diakses tanpa harus keluar dari rumah.

Tidak hanya itu inovasi terus dilakukan oleh BPJS Kesehatan untuk mempermudah peserta JKN-KIS menjangkau layanannya dengan menawarkan layanan lain yang dapat digunakan oleh masyarakat yaitu layanan Chat Assistant JKN (Chika).

Layanan Chika dari BPJS Kesehatan merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspon melalui sistem atau artifical intelligence.

Dengan layanan Chika, peserta JKN–KIS mampu mendapatkan layanan seperti cek status peserta, cek tagihan iuran, lokasi fasilitas kesehatan, lokasi Kantor Cabang BPJS Kesehatan, mengubah data peserta dan registrasi peserta melalui beberapa media sosial seperti Whatsapp (08118750400), Facebook (BPJSKesehatanRI) maupun Telegram (https://t.me/BPJSKes_bot).

Salah satu peserta JKN-KIS yang telah menggunakan layanan Chika yaitu Setiawan (20), ia adalah peserta dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) saat ditemui pada Rabu (29/04), dirinya mengaku senang dengan kehadiran Chika. Menurutnya dengan adanya Chika, semua jadi mudah.

“Saya dianjurkan saudara untuk menggunakan aplikasi Chika ini jika ingin mengecek tagihan BPJS Keluarga saya. Dan setelah saya coba, ternyata mudah saja. Semudah cek pulsa dan kuota internet,” ujar pria yang akrab di sapa Wan dengan wajah tersenyum.

Wan juga mengapresiasi inovasi yang dibuat oleh BPJS Kesehatan, menurutnya semua peserta Program JKN-KIS dapat menikmati semua kemudahan layanan hanya dalam satu genggaman yaitu melalui telepon pintar tanpa harus meninggalkan rumah ataupun mengantri di kantor cabang apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. (PN)

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

[addtoany]
[addtoany]