Buka Agenda Rapat Lengkap Pamong Praja Kab. Rote Ndao Tahun 2021, Bupati Rote Ndao Paparkan Sejumlah Keberhasilan

  • Whatsapp
banner 468x60

Penulis: Daniel Timu
Editor: Jefri Tapobali

PORTALNTT.COM, ROTE NDAO – Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, SE secara resmi membuka agenda Rapat Lengkap Pamong Praja Kab. Rote Ndao Tahun 2021 yang digelar pada, Sabtu (18/12/2021) di Gedung Auditorium Ti’i Langga.

Agenda Rapat Lengkap Pamong Praja Kab. Rote Ndao ini digelar dengan tujuan Sebagai wadah koordinasi sharing informasi, menyepakati serta memberi bahan masukan terkait penyelenggaraan Pemerintahan, pembangunan dan Pemberdayaan dan Pelayanan Kemasyarakatan di Kab. Rote Ndao.

Serta Meningkatkan koordinasi dalam mempererat hubungan kerjasama di kalangan para penyelenggara pemerintahan. Sekaligus diperolehnya informasi-informasi strategis terkait penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik dan Pemberdayaan masyarakat yang disajikan oleh Para Narasumber, baik dari Bupati Rote Ndao, Forkompinda Kab. Rote Ndao untuk para Perangkat Daerah lingkup pemerintahan Kab. Rote Ndao.

Dalam Sambutannya, Bupati Paulina Haning menjabarkan 7 (Tujuh) Prioritas Pembangunan dalam perubahan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kab. Rote Ndao periode 2019 – 2024, yakni ; (1) Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Penguatan Sistem Kesehatan Daerah. (2) Penanganan dan Pencegahan Stunting di Daerah Kab. Rote Ndao. (3) Peningkatan Pembangunan Rumah Layak Huni dengan Pendekatan ALADIN (Atap, Lantai, Dinding). (4) Pembangunan dan Pengembangan Destinasi Pariwisata. (5) Peningkatan Jumlah UMKM aktif. (6) Pembangunan Sarana dan Prasarana Transportasi. (7) Penanganan Kemiskinan Ekstrim.

Selain itu, Bupati Rote Ndao juga menyampaikan beberapa prestasi bagus kinerja Pemda Rote Ndao selama Tahun 2021. penyelenggaraan Pemerintahan, pembangunan dan Pemberdayaan dan Pelayanan Kemasyarakatan di Kab. Rote Ndao.

“Tahun 2021 ini, Kita sukses meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemda Rote Ndao Tahun 2020. Rote Ndao juga duduki posisi ke- 4 sebagai Kabupaten tersukses menurunkan angka kemiskinan tingkat Kabupaten se Provinsi. NTT, juga Pemda Rote Ndao masuk dalam 3 besar terbaik sebagai Kabupaten dengan Perencanaan pembangunan daerah di Provinsi NTT,” jelas Bupati Rote Ndao, Paulina Haning.

“Kita juara 1 Kabupaten yang tercepat menurunkan angka stunting se-Provinsi NTT sejak 2019 sampai 2021. Rote Ndao juga sukses raih posisi pertama, Kabupaten dengan kinerja penyaluran Dana Desa terbaik di NTT Tahun 2021. Dan tempat Wisata Telaga Nirwana di Desa Oeseli juga raih juara 1 dalam Ajang API AWARD kategori Tempat Wisata Air terbaik,” lanjut Bupati Rote Ndao, menjelaskan.

Juga dalam Rapat Lengkap Pamong Praja Rote Ndao ini diisi dengan kegiatan penyampaian berbagai materi, Terkait ;

1. Peran Hukum Adat dalam Penanganan Kasus Hukum di Masyarakat dengan Narasumber, Ketua Pengadilan Rote Ndao.
2. Kebijakan pengawasan dan tindak lanjut terhadap laporan hasil pemeriksaan oleh BPK RI oleh Wabup Rote Ndao selaku Narasumber.
3. Upaya dan Strategi Perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian Dana Desa dan Pengangkatan pemberhentian Perangkat Desa oleh Kadis PMD Rote Ndao sebagai Narasumber.
4. Kebijakan penanganan kemiskinan ekstrim dan Pemulihan Ekonomi oleh Kepala Bapelitbang Rote Ndao.
5. Strategi Perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian Dana Bantuan Operasional Kesehatan, Penanganan Covid-19, dan Percepatan Vaksinasi oleh Kadis Kesehatan Rote Ndao selaku Narasumber.
6. Upaya peningkatan komoditi Strategis Holtikultura dalam Gerakan Lakamola Anan Sio oleh Kadis Pertanian sebagai Narasumber.
7. Perubahan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kab. Rote Ndao, tahun 2019 s/d 2024.
8. Sinergi Penyelenggaraan pemerintahan dengan fungsi Legislasi, pengawasan dan Anggaran oleh Ketua DPRD Rote Ndao.
9. Strategi Kepolisian dalam Pengendalian Kamtibmas dan Penegakan Hukum oleh Kapolres Rote Ndao.
10. Kebijakan pendampingan oleh Kejaksaan dalam Pembangunan daerah oleh Kepala Kejaksaan Negeri Rote Ndao sebagai Narasumber.
11. Strategi dalam Ketahanan dan Pertahanan berbasis Rakyat oleh Dandim 1627 Rote Ndao.
12. Strategi Pencegahan pelanggaran terhadap sumber daya laut oleh Danlanal Rote Ndao.

Untuk diketahui bahwa Rapat Lengkap Pamong Praja Kab. Rote Ndao Tahun 2021 ini di hadiri oleh 295 Orang, yakni ; Kepala Perangkat Daerah 35 orang, Camat 11 Orang, Kapolsek 8 Orang, Danramil 3 Orang, Kepala Desa dan Pj Kades 112 Orang, Lurah 7 Orang, Ketua BPD 112 Orang, Ketua LPM 7 orang.

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60