Bupati Flotim Buka Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Lite

  • Whatsapp
banner 468x60

PORTALNTT.COM, ADONARA – Bupati Flores Timur (Flotim), Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST, membuka acara resmi Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) , yang berlangsungdi Gedung Serbaguna Desa Lite, Kecamatan Adonara Tengah, Kabupaten Flotim, Sabtu (5/8/2017).

Kegiatan tersebut diikuti masyarakat umum, para Petugas Puskesmas, Para Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se Kecamatan Adonara Tengah.

Dalam sambutannya Bupati Anton menyampaikan, Kegiatan Sosialisasi Germas memiliki tujuan seperti,  menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian maupun kecacatan,  menghindari terjadinya penurunan produktivitas, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

Dikatakanya, Germas merupakan langkah pemerintah secara Nasional dalam rangka menyadarkan secara prefentif untuk mencegah penyakit menular dan tidak menular kepada masyakat khususnya di wilayah Flotim.

” Kita akan selalu mengingatkan masyarakat secara terus menerus, walaupun ini tidak mudah, kita tetap mensosialisasikan Germas kepada masyarakat khususnya wilayah Fotim,” ucapnya.

Kegiatan yang sehat dengan metode yang baik kata mantan anggota DPRD Flotim dua periode ini seperti, cek kesehatan secara berkala, rajin olahraga, diet yang seimbang, dan istirahat yang cukup, hal seperti ini yang harus dilakukan oleh seluruh masyarakat agar terhindar dari penyakit, baik penyakit menular maupun tidak menular.

“Semoga  dengan adanya sosialisasi Germas menjadi peran lintas sektoral di pemerintah Flotim, serta dapat bersinergi untuk mengingatkan masyarakat dengan melakukan gerakan masyarakat hidup sehat,” pungkasnya.

Di Flotim katanya, penyakit yang mendominasi masyarakat adalah gula darah.
Hal tersebut disebabkan karena adanya ketidakseimbangan dalam mengkonsumsi makanan.

“Mengapa gula darah,? karena orang-orang di Flotim banyak makan nasi.
Perbanyak mengkonsumsi jagung dan buah-buahan serta istirahat yang cukup agar gerakan masyarakat kita hidup sehat tercapai,” ungkapnya.

Anton Hadjon berharap dengan adanya sosialisasi Germas, seluruh masyarakat semakin sadar untuk berprilaku hidup bersih dan sehat.
Kegiatan ini dilaksanakan untuk menggerakkan masyarakat mau peduli dengan kesehatannya.

Hadir dalam acara sosialisasi tersebut Wakil ketua komisi IX DPR-RI, Pius Lustrilanang, Wakil Bupati Flotim, Agustinus Payong Boli, Pelaksana tugas harian (plt) Dinas Kesehatan (Dinkes), Anton Tonce Matutina, anggota DPRD Flotim, Pius Pedang Melai dan Simeon Saka dari fraksi Gerindra, dan Sekretaris Dinkes Palang keda. (Ola)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60