Home / Daerah / Di Kota Kupang, Bayar Iuran BPJS Kesehatan Bisa Dengan Menukarkan Sampah

Di Kota Kupang, Bayar Iuran BPJS Kesehatan Bisa Dengan Menukarkan Sampah

157 Kali dibaca

Bagikan Halaman ini

[addtoany]
[addtoany]

PORTALNTT.COM, KOTA KUPANG –
Bagi sebagian besar orang, sampah mungkin dianggap tidak berguna sehingga seringkali dibuang begitu saja. Namun tidak bagi Meilsi Mansula, sampah menurutnya sangat berharga.

Meilsi, demikian sapaan akrabnya baru saja merintis bank sampah bernama Mutiara Timor. Bank sampah tersebut berlokasi di Maulafa Kota Kupang.

“Sebenarnya saya sudah merintis Bank Sampah ini sejak awal tahun 2020, sudah sempat saya melakukan sosialisasi ke beberapa kelompok masyarakat dan institusi pemerintah, tapi berhubung pandemi Covid-19, saya terkendala dengan pembatasan aktivitas di Kota Kupang,” ujarnya.

Bank Sampah Mutiara Timor tidak hanya mengelola sampah untuk tujuan komersil saja. Meilsi berharap masyarakat bisa melakukan manajemen sampah dengan baik. Kebiasaan memilah sampah organik dan non organik harus sudah ditanamkan sejak dini. Sejauh ini Ia sudah pernah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah agar para pelajar sudah diperkenalkan mengelola sampah dengan baik.

Selain meningkatkan kebersihan, Meilsi ingin Bank Sampah Mutiara Timor bisa bermanfaat bagi masyarakat salah satunya adalah membuka akses jaminan pelayanan kesehatan. Di Kota Kupang, masyarakat yang ingin membayar iuran Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bisa menukarkan sampah melalui bank sampah.

“Masyarakat bisa menukarkan sampah yang memenuhi kriteria seperti botol plastik yang bersih, kertas, kardus dan sebagainya nanti akan kami timbang dan nilai apakah layak. Jika layak langsung dibayarkan sebagai iuran JKN-KIS, contoh untuk iuran JKN-KIS kelas 3 perorang perbulan adalah sampah botol plastik bersih seberat 13 kg,” ujar Meilsi.

Selain pengumpulan sampah secara individu, Meilsi mengatakan perusahaan atau instansi pemerintah juga bisa berdonasi iuran JKN-KIS dengan menggunakan sampah. Ia melihat ada peluang besar terhadap sampah-sampah yang dikumpulkan oleh perusahaan untuk bisa membantu iuran JKN-KIS bagi masyarakat yang membutuhkan.

Bank Sampah Mutiara Timor sudah bekerja sama dengan salah satu Bank BUMN sebagai agen Payment Point Online Bank (PPOB). Masyarakat cukup menukarkan sampahnya saja, sementara iuran JKN-KIS hasil dari penukaran sampah tersebut akan dilakukan pembayaran langsung oleh bank sampah. (PN)

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

[addtoany]
[addtoany]