Fokus Group Discussion “Pengawasan Pemilu Partisipatif”

  • Whatsapp
banner 468x60

PORTALNTT.COM, WAIKABUBAK – Panwaslu Kabupaten Sumba Barat menyelenggarakan Fokus Group Discussion dengan tema ” Pengawasan Pemilu Partisipatif” yang dihadiri kabag SDM dan organisan, Staf teknis panwaslu, Danramil 04 kodim 1613/SB, Danramil 01 loli kodim 1613/SB, Kapolsek Wanukaka, Kapolsek Lamboya yang mewakili, pelajar, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan parpol, di aula Panwaslu kabupaten Sumba Barat, Jumat (29/12)

Kabag SDM Organisasi panwaslu Octavianus Malo, SE, menyampaikan dalam melakukan pengawasan, maka fokus pengawasan kita adalah sesuai dengan peraturan badan pengawas pemilu nomor 19 tahun 2019 terutama difokuskan pada penyelenggara pemilu, baik KPU maupun panwaslu, berdasar undang-undang nomor 15 tahun 2011 status kami masih edhock, panwas kabupaten untuk menjadi lembaga tetap dan mandiri, seperti KPU sesuai dengan UU nomor 7 tahun 2017.

“Yang harus kita jaga ada bermain di belakang prosesi pemilihan tersebut dan kita menjaga hal-hal yang memperuncing suasana yang berlangsung aman dan tertram ini,” katanya.

Menurut Malo, butuh pemahaman bersama demi tercapainya sebuah pemilu yang demokratis di kabupaten Sumba Barat. Apabila persoalan yang timbul akibat terjadinya pelanggaran pemilu segera dilaporkan untuk ditindak lanjuti sesuai dengan mekanisme yang ada.

“Kita bisa menyuarakan tentang diskusi ini kepada masyarakat pentingnya melakukan pengawasan kepada setiap proses penyelenggaraan pemilu yang sedang kita laksanakan pada tahun ini,” imbuhnya.

Malo menambahkan apabila ada pelanggaran yang ditemukan oleh petugas kecamatan, kabupaten segera ditindak karena kita semua dikawal oleh aparat TNI/Polri.

“Oleh sebab itu mari kita bersama-sama mengawasi prosesi pilkada Gubernur maupun legislatif, tujuan kita semua agar prosesi ini dapat berjalan dengan baik dan aman,” ujarnya.

Pantauan media ini, banyak pertanyaan yang dilontar dari ketua partai maupun para undangan tentang E-KTP yang menjadi topik permasalahan saat ini.

“Hal inilah yang harus kita kaji dengan seksama tetapi aturan yang perlu kita jalankan,” tutup Malo menjawab pertanyaan undangan. (Mus)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60