Home / Daerah / Hanya 49 Desa Yang Serahkan LPJ Bumdes, Inspektorat Akan Periksa Semua Bumdes Di Rote Ndao

Hanya 49 Desa Yang Serahkan LPJ Bumdes, Inspektorat Akan Periksa Semua Bumdes Di Rote Ndao

2672 Kali dibaca

Bagikan Halaman ini

[addtoany]
[addtoany]

PORTALNTT.COM, ROTE NDAO – Pengelolaan Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) yang harusnya menjadi salah satu sumber penghasilan dalam Pendapatan Desa, justru terkadang menjadi polemik yang berkepanjangan di banyak daerah, termasuk di Kab. Rote Ndao, Prov. Nusa Tenggara Timur.

Sesuai dengan penelusuran media ini, dari 112 Desa di Rote Ndao, tercatat ada banyak Desa yang pengelolaan Dana Bumdesnya masih mencurigakan lantaran tidak ada LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) Bumdes.

Sesuai dengan Data yang media ini peroleh secara resmi dari Bidang UED (Usaha Ekonomi Desa) di Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Kab. Rote Ndao, bahwa hingga bulan Februari 2021 tercatat baru 49 Desa saja yang sudah ada LPJ Bumdes, sisanya sama sekali belum ada LPJ.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Inspektorat Rote Ndao yakni Arkalaus Lenggu, S.Pd, MM saat dikonfirmasi media ini di Kantor Inspektorat Rote Ndao pada, Jumat (19/3/2021) menyatakan bahwa pihaknya akan segera periksa semua Bumdes di Kab. Rote Ndao, dimulai dari Kec. Lobalain.

“Terkait Bumdes, kami akan periksa semua Bumdes di Rote Ndao. Rencananya besok Tim akan turun periksa, mulai dari Kecamatan Lobalain,” ngkap Arkalaus Lenggu.

Arkalaus juga menjelaskan bahwa pihaknya akan tindak tegas semua temuan kerugian negara terkait pengelolaan Dana Desa, termasuk terkait Bumdes, terutama pihaknya akan periksa khusus Bumdes di Desa Bebalain dan Desa Suebela.

49 Desa di Rote Ndao yang tercatat sudah ada LPJ Bumdes di Dinas PMD Rote Ndao, khusus Kec. Lobalain baru 10 Desa, yaitu Desa Lekunik, Helebeik, Loleoen, Sanggaoen, Holoama, Baadale, Kuli, Oelunggu, Kuli Aisele, dan Kolobolon.

Sedangkan di Kec. Rote Barat Daya baru 8 Desa saja, yaitu Desa Dolasi, Batutua, Lekik, Oebafok, Oetefu, Lalukoen, Dalek Esa dan Lentera. Dan di Kec. Rote Tengah baru 5 Desa saja, yaitu Desa Lidabesi, Lidamanu, Siomeda, Nggodimeda dan Maubesi.

Di Kec. Loaholu ada 4 Desa yakni Desa Oelua, Holulai, Oebela, dan Lidor. dan di Kec. Rote Barat ada 4 Desa, yakni Desa Oenggaut, Oenitas, Sedeoen dan Oelolot. Juga di Kec. Landu Leko baru 2 Desa saja, yaitu Desa Lifuleo dan Tenalai.

Sedangkan di Kec. Rote Selatan baru 6 Desa, yaitu Desa Dodaek, Nggelodae, Lenguselu, Pilasue, Daleholu dan Inaoe. dan di Kec. Pantai Baru ada 4 Desa, yakni Desa Ofalangga, Nusakdale, Tesabela dan Tunganamo.

Untuk Kec. Rote Timur baru 6 Desa, yaitu Desa Mukekuku, Pengodua, Matasio, Papela, Serubeba dan Matanae.

Penulis: Daniel Timu
Editor: Jefri Tapobali

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

[addtoany]
[addtoany]