Jalani Proses Operasi Kelenjar Getah Bening Tanpa Mengeluarkan Biaya, Perempuan Ini Bersyukur Miliki Kartu JKN-KIS

  • Whatsapp
banner 468x60

PORTALNTT.COM, ATAMBUA – Inez de Deus (63), peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI), menyampaikan rasa puasnya saat memanfaatkan JKN-KIS untuk operasi kelenjar getah bening yang dideritanya. Saat ditemui di kediamannya, Inez sapaan akrabnya bercerita banyak tentang pengalamannya menggunakan JKN-KIS.

“Bulan Agustus baru-baru ini saya melakukan operasi kelenjar getah bening. Awalnya bengkaknya kecil, namun lama kelamaan semakin membesar. Letaknya di leher bagian kiri saya. Sebelum dilakukan operasi itu, saya selalu merasakan pusing, demam dan berkeringat setiap malam. Karena saya sudah tidak dapat menahan rasa sakitnya, saya berobat ke Puskesmas Umanen dan saya pun dibuatkan surat rujukan ke rumah sakit umum,” ungkap Inez.

Inez mengungkapkan selama perawatan, ia tidak dikenakan biaya sedikitpun karena sebagai peserta Program JKN-KIS semuanya sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Ia juga mendapatkan pelayanan yang baik, tidak ada perbedaan pelayanan antara peserta kelas 1, kelas 2 maupun kelas 3 di rumah sakit.

“Saya sangat beruntung telah menjadi peserta Program JKN-KIS. Saya tidak mengeluarkan biaya sedikitpun di mana saya tahu untuk biaya operasi dan rawat inap di rumah sakit sangatlah mahal. Apalagi saya dirawat di rumah sakit hampir 3 minggu. Kalau saya tidak punya JKN-KIS ini, saya akan bingung dan kesusahan mencari uang untuk biaya di rumah sakit,” tuturnya.

Wanita paruh baya ini mengungkapkan selain menggunakan untuk operasi getah beningnya, ia juga memanfaatkan kartu JKN-KIS untuk mendapatkan suntikan insulin. Inez mempunyai riwayat penyakit gula dengan kadar gulanya mencapai 400 mg/dL.

“Setelah menjalani operasi di rumah sakit, sekarang saya sudah bisa beraktivitas dengan normal kembali. Dokter mengatakan bahwa saya harus menjaga pola makan saya sehingga disarankan untuk mengonsumsi beras merah, jagung dan juga sayur yang direbus,” ucap Inez.

Di akhir percakapan, Inez menyampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa betapa luar biasanya manfaat adanya Program JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan ini karena ia sendiri telah merasakan manfaatnya. Ia pun bersyukur karena sudah menjadi peserta JKN-KIS, Inez berharap agar program tersebut bisa semakin maju dan menjadi penolong bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60