Manfaatkan JKN-KIS Untuk Dapatkan Pengobatan Secara Gratis

  • Whatsapp
banner 468x60

PORTALNTT.COM, KOTA KUPANG – Frichy Ndaumanu (33), warga asal kelurahan Liliba, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang yang merupakan salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indoensia Sehat (JKN-KIS) dari segmen Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) di salah satu instansi pemerintahan itu sangat mendukung semua program yang dijalankan pemerintah termasuk Program JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan ini.

Ditemui di kediamannya, Frichy sendiri mengatakan sudah pernah menggunakan JKN-KIS beberapa kali di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempatnya terdaftar dan anaknya pun sudah pernah memanfaatkan JKN-KIS saat sakit.

“Selain saya, anak pertama saya juga pernah dirawat selama 3 hari di salah satu rumah sakit yang ada di Kota Kupang. Kejadiannya beberapa bulan setelah anak saya lahir, tiba-tiba matanya mengalami merah dan segera saya bawa ke rumah sakit menggunakan JKN-KIS,” ungkapnya.

Ia pun mengatakan bahwa sang anak dirawat sesuai dengan kelas rawat yakni di kelas 1, sehingga di rumah sakit tidak ada dikenakan biaya apapun karena sudah sesuai hak kelasnya.
“Semua sudah dijamin penuh Program JKN-KIS. Setelah keluar dari rumah sakit, masih rutin untuk kontrol sesuai arahan dari dokter,” jelas Frichy.

Ia sangat bangga telah menjadi peserta JKN-KIS, pasalnya ia tidak perlu khawatir lagi akan biaya pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan. Baginya, ia dan keluarganya sudah terlindungi oleh Program JKN-KIS. Selain itu dirinya juga sangat mengapresiasi kehadiran aplikasi Mobile JKN yang diluncurkan BPJS Kesehatan untuk memudahkan masyarakat dan peserta JKN-KIS dalam mengakses layanan BPJS Kesehatan.

“Banyak sekali fitur yang disediakan pada aplikasi Mobile JKN seperti menu perubahan data peserta, catatan pembayaran untuk Peserta Pekerja bBukan Penerima Upah (PBPU), riwayat pelayanan, sampai menu ketersediaan tempat tidur, jadwal tindakan operasi dan konsultasi dokter juga tersedia pada aplikasi Mobile JKN ini, begitu juga ada kartu KIS digital yang bisa digunakan oleh peserta untuk berobat tanpa harus membawa kartu fisik,” tutupnya. (dh/sw)
 

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60