Peduli Kesehatan, Odi Lay Daftarkan Seluruh Anggotanya Peserta JKN-KIS

  • Whatsapp
banner 468x60

PORTALNTT.COM, KOTA KUPANG – Sebagai salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional –  Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Odi Yuba Tedora Lay (37) senang akhirnya bisa terdaftar kembali sebagai peserta JKN-KIS. Dulu dirinya sempat terdaftar sebagai istri dari peserta segmen Peserta Penerima Upah (PPU).

Namun ketika ditemui di Kantor BPJS Kesehatan, ia mengatakan jika saat ini suaminya sudah tidak bekerja lagi sehingga ia datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendaftar sebagai Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) berserta dengan 5 orang anggota keluarganya.

Odi begitu sapaannya pun mengungkapkan bahwa dirinya acap kali memanfaatkan kartu kepesertaannya untuk berobat di fasilitas kesehatan. Ia mengaku kala itu pernah mengakses pelayanan kesehatan saat dirinya merasakan kondisi tubuh yang drop, dan dirinya langsung memeriksakan ke Puskesmas tempat ia terdaftar.

“Saya dulu pernah menggunakan JKN-KIS untuk berobat di klinik karena setiap pagi hari badan saya kedinginan, setelah sampai di klinik, saya langsung diperiksa oleh dokter dan juga diperiksa darah di lab. Ketika keluar hasilnya,  bersyukur saat itu semuanya normal, namun dokter menyarankan untuk saya tidak terlalu banyak berpikiran macam-macam yang nantinya membuat kesehatan saya menurun,” jelas Odi.

Tak hanya dirinya, sang anak juga kerap menggunakan JKN-KIS saat berobat. Ia mengatakan anaknya sempat mengalami demam tinggi dan langsung dilarikan ke fasilitas kesehatan, sesampainya di fasilitas kesehatan, sang anak langsung diberikan penanganan yang optimal di fasilitas kesehatan dan ia pun bersyukur bahwa seluruh biaya dijamin penuh Program JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan.

“Walaupun saya harus membayar iuran setiap bulan, bagi saya tidak masalah karena saya tahu manfaat yang didapat ketika sakit sangat besar. Saya merasa senang nantinya dengan rutin membayar iuran, saya dan keluarga terlindungi dan secara tidak langsung saya dapat membantu peserta lain yang sedang sakit,” ujarnya.

Ia tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah menghadirkan Program JKN-KIS ini.

Dirinya berharap ketika nanti membutuhkan pelayanan kesehatan dengan menggunakan JKN-KIS, tetap dapat dilayani dengan baik. Ia juga ingin semua penduduk Indonesia terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. (dh/sw) 

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60