Puskesmas Halilulik Juarai FKTP Berkomitmen Pelayanan JKN Tahun 2021 Kategori Puskesmas

  • Whatsapp
banner 468x60

PORTALNTT.COM, ATAMBUA – Sebagai apresiasi kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang telah bekerjasama dalam pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Atambua menyerahkan penghargaan kepada Puskesmas Halilulik sebagai FKTP yang Berkomitmen Tahun 2021 pada Kategori Puskesmas. Penyerahan penghargaan ini juga dibarengi dengan Kegiatan Pertemuan Nasional Fasilitas Kesehatan Tahun 2021 yang diselenggarakan secara daring, Kamis (14/10).

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Atambua, Dessy Setiasih Masyah mengatakan bahwa pemilihan FKTP Berkomitmen Pelayanan JKN Tahun 2021 ini sangat memotivasi para FKTP untuk meningkatkan kinerjanya. Penilaian yang dilakukan juga berdasarkan indikator yang jelas.

“Pada penilaian FKTP Berkomitmen tahun ini, kami telah menetapkan 6 FKTP yaitu dari kategori Puskesmas yakni Puskesmas Halilulik, Puskesmas Kota Atambua dan Puskesmas Maubesi. Sedangkan untuk kategori Dokter Prakter Perorangan ada dr. Sri Charo Ulina, dr. Meiriawati Gunawan, dan dr. Lilik Ikke Widyawati. Penilaian dilakukan oleh tim penilai sesuai SK berdasarkan template profil dari masing-masing FKTP. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan FKTP dapat termotivasi untuk memenuhi indicator-indikator yang menjadi penilaian dan dapat bersaing memberikan mutu pelayanan terbaik bagi masyarakat” ujar Dessy.

Dessy menjelaskan, ada beberapa yang menjadi indikator dalam penilaian FKTP Berkomitmen Tahun 2021, antara lain jangka waktu kerja sama FKTP dengan BPJS Kesehatan paling sedikit 1 tahun, nilai rekredensialing terakhir >75, nilai KBK rata-rata semester I di tahun 2021 dengan capaian nilai 3-4, serta indikator lanjutan.

Dari penilaian terhadap FKTP tersebut, hasilnya Puskesmas Halilulik terpilih sebagai Juara 1 FKTP Berkomitmen Tahun 2021 Pelayanan JKN pada kategori Puskesmas. Kepala Puskesmas Halilulik, dr. Yeni Tasa mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih karena Kepala Puskesmas Halilulik telah terpilih sebagai FKTP Berkomitmen di Tahun 2021.

“Saya bangga dan berterima kasih karena BPJS Kesehatan selalu mengapresiasi apa yang sudah kami kerjakan. Dengan terpilihnya Puskesmas Halilulik sebagat FKTP Berkomitmen, semakin menambah semangat kami untuk terus berkomitmen demi peningkatan mutu layanan,” ungkap Yeni.

Yeni menambahkan upaya yang sudah dilakukan adalah selalu mengikuti aturan dan petunjuk yang telah ditetapkan BPJS Kesehatan. Tidak hanya itu, timnya juga selalu mengikuti pertemuan dan evaluasi yang diselenggarakan BPJS Kesehatan Cabang Atambua.

“Kami juga berproses, bukan berarti kami coba satu kali, kemudian sudah kelihatan hasilnya. Kami selalu mencoba berulang-ulang dan meminta bimbingan dari petugas BPJS Kesehatan. Misalkan angka kontak, waktu itu kami rasa sudah meng input lebih dari perhitungan yaitu 150/mil, tetapi saat akhir bulan, kami melihat capaian KBK belum tercapai dan ternyata yang dihitung adalah peserta terdaftar di FKTP,” tambahnya.

Yeni berharap ke depan akan semakin banyak FKTP di wilayah kerja Kantor Cabang Atambua yang dapat memenuhi indikator-indikator yang menjadi penilaian dan untuk Puskesmas Halilulik dapat mempertahankan komitmennya. (PN)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60