Sebuah Pohon Sengon Nyaris Tumbang, BPBD Rote Ndao Ambil Sikap

  • Whatsapp
banner 468x60

PORTALNTT.COM, ROTE NDAO – Akibat hujan yang disertai angin kencang dengan intensitas ringan, sebuah pohon sengon setinggi 15 meter dengan diameter 40cm ini nyaris tumbang ke badan jalan umum, yakni di Jln. Bhayangkara II No. 024, Kel. Namodale, Kec. Lobalain pada pukul 13.30 (Wita) Kamis (19/12/2019).

Melihat kondisi pohon yang diperkirakan akan tumbang, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Rote Ndao langsung ambil sikap dengan meninjau lokasi dan langsung memotong pohon Sengon tersebut.

Langkah tepat yang dilakukan oleh BNPB Kab. Rote Ndao ini dilakukan guna menghindari adanya korban jiwa maupun korban harta benda jika pohon tersebut tumbang. Karna letak pohon itu tepat berada di pinggir jalan umum yang selalu ramai dilalui kendaraan maupun pejalan kaki, terutama anak-anak sekolah.

Ketika dikonfirmasi langsung di lokasi kejadian, Kepala BNPB Kab. Rote Ndao, Diksel Semy Haning, SE menjelaskan bahwa pihak BPBD Rote Ndao telah meninjau lokasi kejadian dan langsung ambil sikap untuk menebang pohon tersebut.

“Kami telah meninjau lokasi, dan telah mengkonfirmasikan hal ini dengan Camat Lobalain, Lurah Namodale, Kapolsek Lobalain dan masyarakat setempat. Semua pihak itu sepakat untuk kami BPBD menebang pohon sengon itu,” ungkap Diksel.

“Pohon Sengon itu terpaksa harus kami tebang agar tidak mengancam keselamatan pejalan kaki dan pengendara lalulintas disekitar lokasi. Karna letak pohon ini juga tepat didepan SD Negeri 1 Ba’a dan sangat dekat juga dengan SMP Negeri 1 Lobalain. Jika tidak ditebang, bisa saja pohon ini tumbang dan memakan korban jiwa,” lanjut Diksel, menjelaskan.

Penebangan Pohon Sengon ini dilakukan oleh pihak BPBD Kab. Rote Ndao dengan disaksikan langsung oleh Camat Lobalain, Pauwill Nggili dan Lurah Nomodale, Polce Dillak. (Daniel Timu)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60