Tim Desk Pilkada Kabupaten Sumba Barat Lakukan Rapat Bersama Untuk Pilgub

  • Whatsapp
banner 468x60

PORTALNTT.COM, WAIKABUBAK –
Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) merupakan bukti adanya komitmen Pemerintah untuk menghormati kedaulatan rakyat sebagai wahana untuk meningkatkan kualitas demokrasi dalam berpemerintahan dan berpolitik melalui proses rekruitmen langsung oleh rakyat pada, Senin 25 Juni 2018 bertempat di Aula Kantor Bupati Sumba Barat.

Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole dalam arahan mengatakan Masa depan bangsa dan daerah sangat dipengaruhi oleh kemampuan kita untuk meletakan proses demokratisasi yang sedang berlangsung, sebagai karangka kebersamaan dan kearifan kita untuk menerima perbedaan sebagai karunia yang memperkaya dengan tanggung jawab selaku penyelenggara negara di daerah ini, baik Pemerintah, DPRD, TNI, Polri, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri bahkan seluruh komponen Masyarakat untuk terus bekerja sama, bahu membahu dalam mengawal demokrasi saat ini agar dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar, kualitas dan bermartabat.

Lebih jauh Bupati Dapawole menegaskan Tim Desk Pilkada Kabupaten Sumba Barat yang telah dibentuk merupakan salah satu dukungan Pemerintah Daerah dalam membantu KPU dan PANWASLU dalam menyukseskan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur NTT di Kabupaten Sumba Barat, Tim Desk Pilkada Kabupaten Sumba Barat diharapkan mampu meningkatkan partisipasi senantiasa mencermati hal – hal yang dapat mengganggu pelaksanaan PILGUB baik sebelum maupun setelah pemungutan suara nanti.

“Pastikan bahwa distribusi logistik PILGUB sampai ke TPS – TPS sehingga tidak menghambat proses pemungutan suara, Mewaspadai berbagai kegiatan pengerahan masa menjelang dan pasca pemungutan suara karena pada saat-saat seperti ini potensi konflik antara masa pendukung relatif besar, Pelaksanaan rekapitulasi adalah saat yang rawan sehingga mari kita antisipasi bersama agar dapat dieliminir hal – hal negatif yang kemungkinan terjadi. Tingkatkan pemantauan terhadap distribusi kotak suara pasca pemungutan suara dari TPS ke
PPK dan selanjutnya ke KPUD terutama terhadap kemungkinan sabotase, kecurangan dan manipulasi, Ikuti perkembangan dinamika politik dan akses pelaksanaan PILGUB dan merekamnya untuk selanjutnya dilaporkan secara tertulis agar dapat diambil langkah penanganan lebih lanjut. Tingkatkan koordinasi internal dan eksternal dengan semua lini pemerintahan dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pilgub di Kabupaten Sumba Barat tanggal 27 Juni 2018 mendatang,” tegas Bupati.

Selanjutnya Bupati Dapawole memberikan kesempatan secara bergiliran kepada Ketua KPUD, Ketua PN Waikbaubak, Pasimin Kodim 1613 SB, pejabat Kejaksaan Negeri Sumba Barat, Kabag Ren Polres Sumba Barat untuk menyampaikan pemaparan singkat terkait informasi, sikap, pendirian dan himbauan kepada peserta rapat dan masyarakat Sumba Barat untuk bergandengan tangan bersama-sama Pemerintah Kabupaten, KPUD sebagai penyelenggara pilkada dan kepada Polres Sumba Barat yang dibackup TNI/Kodim 1613 Sumba Barat.

Pada umumnya pemaparan para anggota/pejabat yang mewakili Forkopimda menegaskan bahwa telah dan terus akan bekerja dengan garis tugas dan fungsi masing – masing dalam menyukseskan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur NTT di Kabupaten Sumba Barat.

Intisari pemaparan para anggota Forkopimda adalah kesiapan institusi masing – masing dalam menyukseskan segala proses dan tahapan Pilgub NTT di Kabupaten Sumba Barat.
Diakhir rapat DESK Bupati Dapawole menyampaikan intisari Rapat kepada peserta rapat, dan berharap kepada semua komponen bangsa dan negara dan masyarakat di Kabupaten Sumba Barat bersatu padu untuk mencapai tujuan bersama secara jangka panjang dan dalam jangka pendek tercapainya sukses Pilgub NTT di Kabupaten Sumba Barat.

“Saya selaku Kepala Daerah sangat mengharapkan seluruh kita berpartisipasi menyukseskan Pilgub, dan khusus bagi ASN/TKD di Kabupaten Sumba Barat harus netral dan menggunakan hak politiknya secara bebas dan bertanggungjawab,” harap Dapawole.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Sumba Barat, Anggota Forkompimda Kabupaten Sumba Barat, Ketua Pengadilan Negeri Waikabubak, Ketua KPUD Kabupaten Sumba Barat, Ketua Panwaslu Kabupaten Sumba Barat, Sekertaris Daerah, Para Asisten, Para Pimpian OPD, Para Camat Se Kabupaten Sumba Barat, Para Lurah Se Kecamatan Kota Waikabubak, Ketua dan Wakil Ketua TP.PKK Kabupaten Sumba Barat, Ibu Persit Kartika Candra dan Ibu Bhayangkari Polres Sumba Barat. (Mus)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60