Home / Daerah / Anggota DPRD Zinsendorf Yosus Adu Gelar Reses di Desa Meoain

Anggota DPRD Zinsendorf Yosus Adu Gelar Reses di Desa Meoain

288 Kali dibaca

Bagikan Halaman ini

[addtoany]
[addtoany]

PORTALNTT.COM, ROTE NDAO – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab. Rote Ndao dari Fraksi PDI Perjuangan,  Zinsendorf Yosus Adu melalukan rapat Reses bersama masyarakat di Desa Meoain, Kec. Rote Barat Daya, Kab. Rote Ndao, pada Sabtu (1/8/2020).

Politisi PDI – Perjuangan yang baru masuki periode ke – 2 dalam masa jabatannya sebagai Anggota DPRD Kab. Rote Ndao ini mengunjungi Dusun Meoain Utara, Desa Meoain, tepatnya di Rumah Yapi Tandu, sebagai tempat rapat Reses kedua di tahun 2020 untuk melakukan dialog langsung bersama masyarakat setempat guna mendengar segala masukan dan keluhan masyarakat.

Pada momen tersebut, Warga Desa Meoain, Jonatan Pandie menyampaikan beberapa hal penting yang terkait dengan kondisi Infrastruktur, kondisi pertanian dan juga terkait dengan keadaan ekonomi masyarakat Desa Meoain.

“Meoain masih merupakan daerah yang juga kesulitan air, baik untuk keperluan rumah tangga, maupun untuk pertanian. Disini ada lahan pertanian yang luas, tapi kekurangan air. Ada beberapa lokasi yang bisa dijadikan tempat dibangun embung, yaitu di Oematanak dan  Oenggadi,” ungkap Jonatan.

Jonathan melanjutkan di Dusun Meoain Barat, kondisi jalan masih rusak karena jalan lapen yang ada sekarang belum mencakupi semua wilayah Dusun Meoain Barat. Masih ada sekitar 1 Kilometer jalan yang belum dijangkau aspal, dari Meoain Barat menuju area pertanian Mba’aboboken. Sedangkan di Daerah Somolain sampai Kokolo dan Meoain Barat masih belum ada Tiang Listrik PLN, sehingga warga memasang Kabel listrik pakai tiang kayu pohon.

“Semoga Bapak Zinsendorf bisa memperjuangkan semua itu agar bisa terjawab bagi kami masyarakat Desa Meoain,” kata Jonatan.

Seorang warga lainnya, Aranci Dami pun turut menyampaikan aspirasinya di hadapan Zinsendorf, terkait dengan pengembangan ekonomi bagi masyarakat melalu kelompok petani dalam pengelolaan lahan pertanian.

“Kami disini juga mayoritas Petani. Tapi terkadang kami kesulitan untuk mendapatkan Bibit (Bawang, Sayuran, dll), juga alat-alat pertanian lainnya seperti Mesin Air, alat Penyemprot, dan Mesin Tractor. Juga kami butuh bibit atau anakan ternak (Sapi, Kambing, dll) untuk pengembangan ekonomi,” jelas Aranci penuh harap.

Ayu Mesah Tandu pun turut menyampaikan agar Zinsendorf juga turut perjuangkan perbaikan gedung TK Lelakapa Meoain yang temboknya sudah retak, dan tidak menutup kemungkinan bisa saja runtuh.

“Kondisi tembok Gedung TK harus diperbaiki karna sudah retak-retak. Hal itu tentu akan berbahaya jika tiba-tiba runtuh saat anak-anak lagi belajar. Semoga Bapak Zinsendorf bisa sampaikan hal ini agar segera diperhatikan oleh pemerintah,” kata Ayu Mesah.

Selain terkait infrastruktur dan Pertanian, masyarakat Desa Meoain juga berharap agar Zinsendorf juga bisa menyampaikan kepada Pemda Rote Ndao untuk membantu masyarakat setempat terkait kebutuhan air bersih, yakni di Dusun Meoain Barat masih sulit sumber air, agar di bangun beberapa unit sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Menanggapi semua aspirasi, usulan dan masukan dari masyarakat Desa Meoain, Zinsendorf mengungkapkan bahwa dia tidak berjanji bisa mengabulkan semua permintaan masyarakat, tapi dia tetap akan memperjuangkan semua aspirasi itu agar bisa di realisasikan oleh Pemda Rote Ndao.

“Saya tidak mau banyak berjanji. Tapi saya pasti akan perjuangankan semua aspirasi ini. Akan saya sampaikan kepada Pemda Rote Ndao, dan semoga semua harapan ini bisa terlaksanakan oleh Pemda Rote Ndao,” kata Zinsendorf.

Menurutnya hal ini perlu juga dilihat kemampuan keuangan daerah untuk memilah, mungkin ada beberapa usulan yang bisa terjawab dengan Dana Desa, akan disampaikan kepada Kepala Desa. Dan mana yang membutuhkan biaya lebih besar, akan disampaikan Pemda Rote Ndao.

“Kalau pun belum bisa menjawab semuanya, secara bertahap kita akan perjuangkan semua aspirasi ini,” jelas Zinsendorf.

Penulis: Daniel Timu
Editor: Jefri Tapobali

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

[addtoany]
[addtoany]