Banyak Pasien RSUD Ba’a Kesulitan Cari Pendonor Darah, Kinerja PMI Rote Ndao Dipertanyakan

  • Whatsapp
banner 468x60

Penulis: Daniel Timu
Editor: Jefri Tapobali

PORTALNTT.COM, ROTE NDAO – Darah adalah suatu elemen penting bagi tubuh, karna darah dalam tubuh manusia berfungsi sebagai Penyedia oksigen bagi sel tubuh juga sebagai penyebar nutrisi bagi tubuh, yang jika keadaan tubuh kekurangan darah tentu akan berdampak buruk bagi tubuh hingga bisa beresiko fatal/kematian.

Dalam dunia medis, salah satu cara cepat untuk mengatasi pasien yang kekurangan darah adalah dengan mendonor/transfusi darah dari orang lain yang golongan darahnya sama dengan golongan darah pasien. tentu saja cara ini membutuhkan peranan penting dari berbagai pihak terkait untuk bisa mendapatkan pendonor darah bagi pasien.

Kesulitan mendapatkan pendonor darah bagi pasien yang membutuhkan donoran darah ini pun juga terjadi di RSUD Ba’a, Kab. Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, yang dalam 2 bulan terakhir ini selalu kewalahan mencari pendonor darah bagi pasien.

Kondisi ini makin diperparah lagi dengan minimnya peranan Organisasi PMI (Palang Merah Indonesia) Cabang Kab. Rote Ndao yang selain tak memiliki stok darah, juga diduga peranan PMI Rote Ndao masih minim bagi pasien yang sangat membutuhkan donoran darah.

Kondisi ini pun mendapat perhatian dari Ketua Komisi B DPRD Rote Ndao, yakni Denison Moy, ST yang saat di mintai tanggapannya oleh media ini, Deny Moy menjelaskan bahwa saat ini kebutuhan darah bagi pasien adalah salah satu hal krusial yang harus di tangani secepatnya.

“Akhir-akhir ini banyak sekali permintaan donor darah dari masyarakat tentu menjadi atensi bagi kita bersama. Kita sama-sama mendukung PMI dalam rangka membantu pelayanan ini, sehingga banyak masyarakat jangan sampai kesulitan. Karna tidak bisa pungkiri bahwa ini salah satu hal krusial yang perlu ditangani secepatnya,” ungkap Denison Moy, Ketua Komisi B di DPRD Rote Ndao.

Deni Moy yang juga adalah Ketua DPC . PDI – Perjuangan Kab. Rote Ndao ini juga berharap agar pihak PMI Rote Ndao bisa menjadi salah satu pusat data atau komunikasi yang baik agar masyarakat tidak kesulitan dalam mencari pendonor darah.

Sementara itu Ketua PMI Rote Ndao, yakni Alfred Saudila, A.Md yang juga adalah Ketua DPRD Rote Ndao saat dikonfirmasi media ini pada, Sabtu (4/6/2022) lalu menjelaskan bahwa selama ini pelayanan PMI Rote Ndao lancar.

Alfred menjelaskan bahwa pihak PMI Rote Ndao selama ini sering turun sosialisasi ke Sekolah- Sekolah, Desa dan Kelurahan, dan sudah melayani pengecekan golongan bagi 3000-an orang di Rote Ndao yang kini telah terdata golongan darahnya.

“Jadi Selama ini pelayanan kami lancar kok. kami kerjasama dengan pihak Kepolisian, Angkatan Darat dan Laut (TNI) kemudian masyarakat yang golongan darahnya sudah terdata di kita, maka siapapun yang membutuhkan darah di Rumah Sakit bisa kontak nomor PMI,” jelas Alfred Saudila.

“Kita punya mesin ada, tetapi dana untuk itu baru pada taraf pendataan. Setiap tahun dana hibah dari Pemda untuk operasional PMI itu 120 juta rupiah,” ungkap Alfred Saudila, Ketua PMI Rote Ndao.

Alfred juga menjelaskan bahwa PMI Rote Ndao sebenarnya telah memiliki alat untuk Bank Darah yang merupakan bantuan dari Pemerintah Australia, Tapi PMI Rote belum memiliki tenaga analis dan dokter ahli untuk mengoperasikan alat tersebut.

Untuk diketahui bahwa saat ini di RSUD Ba’a terdapat seorang Pasien bernama Esau Sanu yang membutuhkan transfusi darah sebanyak 5 kantong, golongan darah B. Dan bagi masyarakat Kab. Rote Ndao yang berkenan membantu mendonorkan darahnya silahkan kontak nomor telepon 082147248319 atau bisa langsung datangi RSUD Ba’a.

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60