Delthacron Menghantui Masyarakat

  • Whatsapp
banner 468x60

Oleh: Kanisius Alfredus Wempi
 

 
PORTALNTT.COM – Masalah kesehatan yang terjadi di Indoneseia saat ini sangat meresahkan dan mengganggu aktifitas sosial dan perekonomian masayarakat adalah virus covid -19 yang pertama kali terdektesi di Indonesia tanggal, 2 maret 2020.

Berjalan waktu situasi covid-19 di Indonesia berangsur menurun dan membuat masyarakat merasa legah karena terjadi perubahan kebijakan pembatasan sosial yang dilonggarkan atau turun level pembatasan.

Namun saat ini kembali dunia dan Indonesia secara khusus kembali dilanda virus Covid-19 dengan varian baru yaitu varian Omicron dan Deltha (Deltha Omicron). Penyebaran kasus ini terjadi di seluruh wilayah Nusantara dengan mudahnya, bahkan mencapai pelosok-pelosok tanah air sehingga sangat meresahakan, mengganggu kesehatan masayarakat. Hal ini menyebabakan angka kamatian semakin meningkat karena varian ini cukup berbahaya

Varian omicron  merupakan varian dengan Type SARS-CoV-2 B.1.1.529 terdektesi di Indonesia pada April 2002. Ia melonjak tajam mencapai 10.055 kasus, semenjak pertama kali ditemukan di RSDC Wisma Atlit Kebayoran Jakarta, dan diumumkan di Indonesia 16 desember 2021 oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan (Balitbangkes). Kasus omicron telah menyebar ke-32 provinsi termasuk Nusa Tenggara Timur. Di NTT Covid-19 pertama kali terdektesi 18 april 2020.

Virus deltacron merupakan versi Hibrid dari varian Omicron dan delta penyebab COVID-19 diseluruh negara di dunia termasuk sejumlah Indonesia. Varian ini merupakan virus Recombinasi dan disebut deltacron yang mana mengandung gen Delta maupun omicron.

Penyebaran varian delta dan varian omicron menjadi varian hybrid delta omicro menyebar secara diam dikala pembatsan social tidak diperketat atau dapat dikatakan tidak ada pemberlakuan pembetasan sosial terhadap bagaimana mencegan lonjaknya kejadian  penyebaran varian deltacron merupakan virus covid -19 yang bermutasi
Saat ini awal tahun 2022 berkembang virus covid omicron dengan berbagai varian terjadi Negara – Negara di belahan dunia.

Penyebaran omicron ke berbagai Negara di dunia saat ini bermula dari Asia khususnya di Negara China tepatnya di daerah wuhan Shanghai. Dengan total kejadian lebih dari 13.000 kasus kejadian. Omicron varian baru merupakan virus yang mutasi dari virus omicron B A .1 DAN BA.2 pertama kali terdektesi di Inggris dan dijuluki XE merupakan varian yang sangat cepat atau mudah menular.

Situasi terkini Negara yang berfaham komunis tersebut sudah memberlakukan lockdown. Pastinya kita telah mengetahui Negara China menjadi salah satu negra di asia yang memproduksi vaksin untuk pencegahan virus covid -19. Vaksin tersebut diberi merk dagang atau jenis SINOVAC dan sudah di eksport di berbagai Negara di Asia termasuk Negara Indonesia.

Sinovac saat ini sudah menjadi salah satu jenis vaksin yang dipergunakan untuk vaksinasi masyarakat sampai dengan pelajar mulai dari murid SD usia 7 tahun sampai SMP dan pelajar SMA atau sederajat direkomendasiakan agar mengikuti vaksinasi  demi tercapainya imuniatas tubuh dalam melawan covid-19 dan variannya.

Situasi terkini masayarakat di Indonesia terkusus di NTT sesuai laporan dari Dinas Kesehatan Kota Kupang, dari sampel yang dikirim untuk pemerikasaan dan hasilnya satu yang posotif Omicron, dan sedang ditangani di Kota Kupang. Kejadian ini sangat memberikan  gangguan rasa nyaman dan ketakutan karena ada gangguan kesehatan yang mengancam jiwa.

Omicron dan varian apapun akan berdampak terhadap  seluruh sendi kehidupan masyarakat. Bahwa kejadian terulangnya varian dari omicron dan Delta atau Delthacron yang jelas sangat menghantui masyarakat Indonesia terkhusus NTT. Jika segera pemerintah tetap waspada dan masyarakat tetap taat protokol kesehatan maka akan berdampak baik untuk mencegah kejadian dan penyebaran delthacron dan variannya.

Untuk menepis segala keresahan yang mengahantui kita semua (individu dan masyarakat) yang perlu dilakukan adalah mempertahankan perilaku yang mendukung kesehatan yaitu dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Memakai masker dengan benar karena terkadang memakai masker tetapi tidak menutupi mulut dan hidung (masker melekat pada area dagu). Jauhi kerumunan, jaga jarak dengan orang lain di setiap kegiatan apapun misalnya melaksanakan ibadah, pasar dan mall.

Selalu mengguanakan hand saniter dan selalu mencuci tangan dengan sabun setiap kali kembali dari lingkungan rumah dan tempatkan fasilitas untuk mencuci tangan di depan rumah dan mengelolah limbah rumah tangga dengan baik dan nyaman. Manjaga kebersihan masker dan menggunakan dengan prinsip sekali pakai langsung buang dan buanglah di tempat yang aman agar tidak berserakan karena akan mempermudah penyebaran dan lingkungan menjadi tidak bersih atau higienis. Dan mengikuti vaksinasi untuk mendapatkan kekebalan tubuh ini merupakan hal yang penting demi menekan terjadinya kejadian serupa Omicron, Deltha dan varianya.

Apabiala kita tidak mampu melaksanakan ketetapan pemerintah dengan menjalankan protokol kesehatan sangat memungkinkan potensi terjadinya lonjakan infeksi Delthacron di tengah masayarakat.

Jika demikian akan ada peningkatan kejadian secara terus menerus, resiko kematian dapat terjadi dan peristiwa memiluhkan di setiap waktu mengelilingi dan menakutkan masyarakat. Bisa saja varian omicron ini akan menjadi penyakit yang dapat diwariskan dan sulit diputuskan mata rantai penularannya karena kegagalan kita sendiri. Jika demikain dapat dipastikan kejadian varian deltha omicron dan potensi terjadi KLB yakni kejadian luar biasa ditahun 2025m, sebagai fenomena gunung es yang meledak di masa yang akan datang. Sehingga saya sangat mengaharapkan kita semua hilangkan dan tuntaskan Delthaomicron dan apapun variannya, hanya dengan patuh terhadap program pemerintah pembatasan dan vaksinasi serta taat protokol kesehatan, maka kecemasan yang mengahantui kita semua tidak akan terjadi.

Harapan masyarakat terwujud karena ketong basodara semua satukan hati dengan semangat untuk lawan virus covid -19 secara bersama-sama. Optimalisasi dan kerja keras tentu harapan jadi kenyataan terwujudnya masyarakat NTT bebas dari Delthacron dengan varianya di tanah kita NTT Manise Sehat Nyaman dan Sejahtera.  

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60