Home / Daerah / Ketua Komisi A DPRD Rote Ndao Kecam Pemberhentian Perangkat Desa Busalangga Barat

Ketua Komisi A DPRD Rote Ndao Kecam Pemberhentian Perangkat Desa Busalangga Barat

562 Kali dibaca

Bagikan Halaman ini

[addtoany]
[addtoany]

PORTALNTT.COM, ROTE NDAO – Polemik Pergantian Perangkat Desa Busalangga Barat yang telah dilantik pada Selasa (11/5/2021) masih terus bergulir hingga menuai kecaman dari Ketua Komisi A, DPRD Rote Ndao yakni Feky Machiel Boelan, SE saat dikonfirmasi media ini melalui sambungan selular pada Selasa (11/5/2021) malam.

Kepada Media ini, Feky Boelan selaku Ketua Komisi A di DPRD Rote Ndao menyatakan bahwa tindakan Pemberhentian Perangkat Desa Busalangga Barat yang diduga dilakukan secara sepihak itu adalah suatu hal yang ngawur dan amburadul dalam pemerintahan di Desa.

“Tadi siang kami sudah dengar rekamam suara kalo Kades Busalangga Barat mengaku Pecat Perangkat Desa karna desakan politik. Ini suatu permulaan pemerintahan yang bukan hanya ngawur, tapi juga amburadul. Jangan bikin malu Bupati dikancah masyarakat desa hingga tingkat nasional,” ujar Feky Boelan, Ketua Komisi A, DPRD Rote Ndao.

“Anehnya lagi, tadi siang saya telpon Kadis PMD. Katanya mereka masih kaji pergantian perangkat Desa tersebut, tapi ternyata perangkat desa yang baru sudah dilantik. Ini kan konyol ! Kalo masih dikaji tapi sudah berikan legitimasi untuk pelantikan. Artinya hasil kajiannya nanti sudah tidak independen. yang ada bikin masalah diatas masalah lagi, dampaknya bisa jadi konflik interest dalam masyarakat,” lanjut Feky Boelan.

Feky Boelan juga meminta agar Dinas PMD Rote Ndao kaji kembali pergantian perangkat Desa Busalangga Barat sesuai dengan Pasal 53 dari Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

“Kalo nanti hasil kajiannya harus batalkan pergantian Perangkat Desa itu, lalu yang sudah dilantik hari ini bisa mengadu lagi dan masyarakat kacau lagi. Kalo kajiannya belum ada tapi sudah pelantikan maka mereka sudah bikin malu Bupati,” ungkap Feky Boelan.

Sementara itu, Kadis PMD Rote Ndao yakni Yames M K Therik, SH saat dikonfirmasi media ini melalui Pesan WhatsApp menjelaskan bahwa pihaknya masih mengkaji kembali Pergantian Perangkat Desa Busalangga Barat yang dilakukan oleh Kadesnya.

“Kita sudah panggil Kades dan Kades Busalangga Barat sudah menghadap dan memberikan dasar pemberhentian perangkat desa. Sehingga teman-teman bidang pemdes akan melakukan pengkajian. Setelahnya kami akan sampaikan kepada pimpinan dan para pengadu,” jelas Yames Therik, Kadis PMD Rote Ndao.

Untuk diketahui bahwa pemberhentian 10 orang perangkat Desa Busalangga Barat yang diduga dilakukan karna desakan politik Tim Suksesnya tersebut telah diadukan ke Komisi A DPRD Rote Ndao pada Selasa (11/5/2021).

Penulis: Daniel Timu
Editor: Jefri Tapobali

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

[addtoany]
[addtoany]