Mobile JKN Faskes Dekatkan Pelayanan Ke Peserta di Tengah Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
banner 468x60

PORTALNTT.COM, BETUN – Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah terjadi di seluruh belahan dunia termasuk Indonesia dan telah memberi dampak yang besar pada kesehatan masayakat, di mana pemerintah telah melakukan berbagai langkah terutama untuk mencegah penularan atau penyebaran Covid-19.

Salah satunya adalah dengan cara membatasi pertemuan-pertemuan yang melibatkan banyak orang. Selain itu, pemerintah juga mengeluarkan himbauan agar mencuci tangan, menggunakan masker jika bepergian dan menjaga jarak (physical distancing).

Untuk mendukung upaya pemerintah dalam hal physical distancing, BPJS Kesehatan telah mengembangkan fitur pada aplikasi Mobile JKN yakni Mobile JKN Faskes untuk fasilitas kesehatan (faskes) dan penambahan fitur Mobile JKN untuk peserta yaitu menu Konsultasi Dokter.

Dengan menu ini, peserta dapat berkomunikasi dengan dokter di Fasilitas Kesehatan Tingkat pertama (FKTP) tertentu tanpa harus bertatap muka secara langsung sehingga dapat meminimalisir penularan Covid-19 dan penyakit lainnya.

Salah satu dokter praktek perorangan (DPP) mitra BPJS Kesehatan di Kabupaten Malaka Provinsi Nusa Tenggara Timur dr. Sri Charo Ulina (42) merasa sangat terbantu dengan adanya aplikasi Mobile JKN Faskes ini, dimana aplikasi ini sangat membantu DPP untuk dapat berkomunkasi dengan pasien tanpa pasien datang ke tempat praktek.

“Sangat bermanfaat, dengan adanya aplikasi ini komunikasi atau konsultasi kesehatan dengan peserta bisa via Aplikasi Mobile JKN tanpa harus tatap muka sehingga mengurangi risiko untuk pasien dan dokter karena tidak harus bertatap muka secara langsung di tengah pandemi Covid-19 ini,” tutur dokter yang biasa dipanggil dr. Lina ini saat dikonfirmasi via telepon, Jumat (08/05).

Dr. Lina juga sudah mulai mengedukasi peserta terdaftarnya agar bisa memanfaatkan fitur konsultasi dokter di Mobile JKN sehingga bisa dilayani via Mobile JKN Faskes.

Salah satu peserta terdaftar di DPP dr. Lina yang juga pengguna mobile JKN Devi Bere (29) juga menyampaikan hal yang sama terkait manfaat menu konsultasi dokter via Mobile JKN ini.

“Aplikasi ini sangat membantu di tengah wabah virus corona, jika ada anak kami yang sakit, kebetulan anak kami masih kecil kami jadi takut keluar rumah untuk ke tempat praktek dokter, jadi dengan aplikasi ini kami bisa langsung konsultasi dengan dokter tanpa harus ke tempat praktek,” tutur Devi.

Sebagai informasi untuk FKTP mitra BPJS Kesehatan di Kabupaten Malaka yang merupakan kabupaten yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste dengan sebaran Jamkordat yang belum merata di seluruh wilayah, telah terdapat 2 DPP dan Dokter Gigi Perorangan serta 2 Klinik yang sudah menggunakan Mobile JKN Faskes, sehingga pelayanan kepada peserta terdaftar bisa lebih mudah dilakukan di tengan wabah Covid-19 sekarang ini. (PN)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60