Home / Daerah / Peduli Budaya, DPC BMI Rote Ndao Gelar Lomba Cerita Rakyat Bagi Pelajar SMP dan SMA/SMK Se-Rote Ndao

Peduli Budaya, DPC BMI Rote Ndao Gelar Lomba Cerita Rakyat Bagi Pelajar SMP dan SMA/SMK Se-Rote Ndao

258 Kali dibaca

Bagikan Halaman ini

[addtoany]
[addtoany]

PORTALNTT.COM, ROTE NDAO – Demi menumbuhkan semangat dan kecintaan pada Adat dan Budaya, Dewan Pimpinan Cabang Banteng Muda Indonesia (DPC BMI) Kab. Rote Ndao menggelar Lomba Cerita Rakyat Rote Ndao bagi para Pelajar Tingkat SMP hingga SMA/SMK.

Lomba dengan tujuan melestarikan budaya dan bahasa daerah Rote ini digelar oleh DPC BMI Rote Ndao bagi para Pelajar SMP dan SMA/SMK se Rote Ndao agar warisan budaya secara turun temurun tidak hilang dimakan perkembangan zaman.

Seperti saat dikonfirmasi media ini pada Jumat (14/5/2021), Ketua DPC BMI Rote Ndao, yakni Bruce King Nitte, SE menjelaskan bahwa saat sekarang dalam di era modern ini, generasi muda sudah mulai lupa akan warisan adat dan budaya Rote.

“Budaya kita adalah budaya syair dan tutur cerita yang sarat makna dan pesan moral dalam kehidupan. Rote ndao memiliki banyak cerita rakyatnya, namun lama-kelamaan semakin hilang tergerus teknologi jaman ini. anak-anak sekarang, apalagi yang dikota lebih suka tik-tok dan menonton drama korea,” ungkap Bruce Nitte, Ketua DPC Banteng Muda Indonesia Kab. Rote Ndao.

“Dengan menggelar Lomba Cerita Rakyat ini, diharapkan anak pelajar kita dapat menggali sejarah dari cerita-cerita orang tua kita dulu dan memahami maksud dan pesan moral dibalik cerita rakyat itu sendiri. Agar mereka bisa wariskan juga pada anak-cucu mereka kelak,” lanjut Bruce Nitte, penuh harap.

Menurut Bruce Nitte, warisan budaya Rote haruslah tetap di jaga dan di lestarikan lagi pada generasi mendatang. Sebab jika tidak ada kepedulian pada warisan adat dan budaya, sangat besar kemungkinan budaya itu bisa punah.

Kepada media ini, Bruce Nitte juga menjelaskan tata cara perlombaan yang kini tahapan pendaftarannya telah dimulai dari tanggal 12 Mei 2021 hingga 19 Mei 2021.

“Untuk para Pelajar yang berminat ikuti lomba ini, bisa langsung mendaftar dengan mengirimkan data diri melalui pesan WA (WhatsApp) kepada nomor WA Panitia. Peserta yang sudah mendaftar, nantinya akan diminta merekam video saat bertutur cerita rakyat daerah Rote dan posting ke Facebook. Durasi Video maksimal 21 menit,” ungkap Bruce Nitte.

“Peserta harus menceritakan cerita rakyat yang dipilihnya menggunakan bahasa Rote, sesuai alamat asal peserta. Kalo asalnya dari Rote Selatan, harus pakai bahasa/dialek Nusak Keka. Begitu juga kalo asal Rote Barat, harus pake dialek Nusak Delha. Setelah itu, peserta juga harus ceritakan dalam bahasa Indonesia,” lanjut Bruce Nitte menjelaskan.

Terkait dengan perlombaan tersebut, Bruce Nitte juga menjelaskan bahwa peserta yang mendaftar harus mengirimkan data diri lewat WA dengan format Nama, Alamat, Umur, dan Asal Sekolah (Nama Sekolah).

Untuk batasan waktu pemostingan Video adalah selama 3 hari, yakni dari tanggal 20 Mei 2019 hingga 23 Mei 2021, dimana Panitia Lomba akan menilai cara Peserta menyampaikan Cerita Rakyat dan pesan moral dibalik cerita tersebut. Dan pemenangnya akan di umumkan pada tanggal 28 Mei 2021.

Sementara itu, ada 3 orang Panitia yang bisa dihubungi peserta dalam Lomba Cerita Rakyat yang digelar oleh DPC BMI Rote Ndao, yakni Bruce Nitte selak Ketua Panitia (085239220296), Mecky Adu (082247777572) dan Daniel Timu (082235511847).

Terkait dengan hadiah, untuk kategori Pelajar SMP dan SMA/SMK akan dipilih 5 orang juara dari masing-masing kategori tersebut dengan hadiah Uang Tunai, Piala, dan Piagam Penghargaan.

Penulis: Daniel Timu
Editor: Jefri Tapobali

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

[addtoany]
[addtoany]