Pelanggaran Lalulintas di Lembata Didominasi Oleh Kendaraan Roda Dua

  • Whatsapp
banner 468x60

PORTALNTT.COM, LEMBATA – Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas (Lantas) Polres Lembata AKP Bery B. Y. Nathaniel kepada media ini di ruang kerjanya, Rabu (21/10/2020) mengatakan, pelanggaran lalu lintas di kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) didominasi oleh kendaraan roda dua.

“Itu didominasi oleh kendaraan roda dua. Ada  pengendara roda dua yang memenuhi syarat tetapi tidak memiliki SIM,” ungkapnya.

Lanjutnya, ada juga pengendara di bawah umur dan tentunya anak di bawah umur perlu pendekatan-pendekatan yang tidak selamanya represif.

“Yang bersangkutan apabila seorang pelajar maka harus buat surat pernyataan yang diketahui oleh kepala sekolah dan kecamatan setempat. Tujuannya untuk menumbuhkan fungsi kontrol orang tua terhadap anak. Pendekatan-pendekatan ini banyak kami lakukan dengan harapan untuk menekan angka kecelakan yang melibatkan anak di bawah umur,” katanya.

Sesuai pengamatan, kata kasat Lantas, Ragam pelanggaran dikuti dengan anak-anak di bawah umur dan pengendali di bawah minuman keras.

“Masalah lalu lintas itu tanggung jawab bersama. Bukan tanggung jawab kita sendiri,” tegasnya.

Sementara, lanjut kasat Lantas Lembata, dalam waktu dekat kepolisian resort (Polres) Lembata akan menyelenggarakan operasi Zebra.

“Opersi Zebra akan dilakukan pada tanggal 28 oktober-8 November, dilaksanakan di seluruh Indonesia. Durasinya 14 hari. Besok kita sudah melakukan latihan pra operasi, ada simulasi penanganan kecelakaan maupun tilang,” pungkas kasat Lantas Lembata.

Penulis: Wilibaldus Kali

Editor: Jefri Tapobali

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60