Home / Daerah / Tiba di Lembata, 44 Tamtama Remaja Disambut Dengan Seremonial Penyiraman Bunga

Tiba di Lembata, 44 Tamtama Remaja Disambut Dengan Seremonial Penyiraman Bunga

2945 Kali dibaca

Bagikan Halaman ini

[addtoany]
[addtoany]

PORTALNTT.COM, LEMBATA – Sebanyak 44 Tamtama Remaja dari Kodim 1624 Flores Timur (Flotim) tiba di kabupaten Lembata, Senin (19/10/2020) sore.

Dari 44 Tamtama Remaja, dibagi ke tiga Koramil, yakni Koramil 03 Lewoleba 20 orang, Koramil Loang 12 orang dan Koramil Balauring 12 orang.

Pantauan media ini, 20 orang Tamtama Remaja yang ditempatkan di Koramil 03 Lewoleba, diterima secara seremonial penyiraman bunga yang dilakukan langsung oleh Danramil 1624-03 Lewoloba Mayor CHB Iksan, perwakilan senior Koramil TNI 03 Lewoleba dan ibu-ibu Persatuan istri Tentara (Persit).

Danramil 1624-03 Lewoloba Mayor CHB Iksan kepada wartawan mengatakan bahwa, adapun tradisi militer apabila memasuki suatu wilayah atau kesatuan baru yaitu dengan seremonial

Penyiraman air bunga.

“Mengidentikan bahwa bunga merupakan suatu keindahan, memberikan kehadiran. Sehingga kehadiran Tamtama Remaja di Koramil 03 Lewoleba, besar harapan semua masyarakat, pemerintah daerah maupun instansi militer yang ada di Lembata, semua prajurit bisa berperan aktif dalam berkontribusi kepada masyarakat Lembata,” ungkapnya.

Lanjutnya, tradisi ini sudah merupakan kegiatan yang  secara seremonial di Laksanakan di istansi militer.

“Tujuannya adalah untuk memumpuk jiwa korsa, menanamkan suatu kebersamaan solidaritas di antara kami sesama prajurit, pimpinan dengan anggota. Kemudian dilakukan penyiraman air bunga dengan harapan mereka memberikan suatu keharuman, keindahan setelah bertugas di lapangan,” tegasnya.

Menurut Danramil 1624-03 Lewoloba, sebanyak 44 Tamtama Remaja ini merupakan anak Pribumi.

“Dengan harapan bisa menjadi Prajurit Pembina Desa (Prabinsa), mereka sudah lebih menguasai tentang kondisi kultur budaya setempat. Sehingga pendekatan-pendekatan tentang kearifan lokal, bahasa dapat  mempermudah mereka saat berada di tempat tugas,” tutup Danramil 03 Lewoleba.

Penulis: Wilibaldus Kali

Editor: Jefri Tapobali

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

[addtoany]
[addtoany]