Wabup Lembata Sebut Sepak Bola Dapat Selamatkan Anak Muda NTT Dari Berbagai Pengaruh Negatif

  • Whatsapp
banner 468x60

PORTALNTT.COM, LEMBATA – Olahraga tidak hanya membawah dampak positif bagi kesehatan fisik, tetapi lebih dari itu memberi efek yang sangat baik bagi perkembangan mental individu.

Kehidupan sosial pun akan turut menjadi lebih bermakna apabila tiap individu memiliki mental yang sehat dengan terus berolahraga.

Salah satu olahraga yang sangat digemari masyarakakat terutama generasi muda adalah sepak bola. Menurut Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday, dalam silaturahminya ke beberapa kabupaten di daratan Timor mulai, Selasa (22/6/2021) mengatakan, sepak bola apabila diberi perhatian serius dapat menyelamatkan ribuan anak muda NTT dari berbagai pengaruh negatif yang merusak mental mereka.

“Coba kita bayangkan kalau setiap hari ada ribuan anak NTT yang berlatih sepak bola di masing – masing kabupaten, maka dengan sendirinya mereka akan memiliki kesehatan mental yang baik sehingga tidak mudah terjebak dalam pengaruh narkoba, minuman keras dan seks bebas,” ungkap Wabup Thomas.

Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday dan Wakil Bupati Malaka Kim Taolin, saat melakukan kunjungan di Kabupaten Malaka.

Dijelaskannya, sekarang semua berkosentrasi memerangi ancaman covid 19.

“Tetapi jangan lupa bahwa ada ancaman besar yang selama ini ada tapi sering diabaikan. Bahaya narkoba, minuman keras, seks bebas dan HIV Aids terus menggerogoti kita terutama generasi muda. Data terakhir jumlah penderita HIV Aids di Kota Kupang telah mencapai seribu lebih dan di Kabupaten lain di NTT berkisar seratus sampai tujuh ratus orang. Jumlah ini belum ditambah lagi dengan yang telah terpapar narkoba dan yang telah terjerumus seks bebas,” terang orang nomor dua di kabupaten Lembata.

Dari fakta ini, menurutnya, generasi muda harus diberi perhatian khusus melalui menggiatkan lagi berbagai jenis olahraga terutama sepak bola.

“Sepak bola menjadi olahraga favorit generasi muda sehingga bagaimanapun caranya pemerintah harus berusaha agar olahraga ini tetap hidup karena berdampak luas bagi generasi muda,” tegas mantan dekan fakultas Ekonomi Unwira Kupang.

Sementara, terkait ancaman Covid 19 dan penyelenggaraan El Tari Memorial Cup (ETMC), wabup Thomas menjelaskan bahwa Pemda sangat menyadari ancaman pandemi ini.

“Tetapi sebagai tuan rumah rumah, Lembata harus mempersiapkan diri sebaik – baiknya sehingga berbagai alternatif penyelenggaraan beradasarkan protokol kesehatan covid 19 sudah disiapkan,” tandas Wabup Thomas.

“Sebagai tuan rumah kami wajib menyiapkan segala sesuatunya. Berkat doa dan kerjasama yang baik dari kita semua, saya yakin, walaupun berada dalam situasi sulit seperti sekarang ini, semuanya dapat kita lewati dengan baik,” pungkas Wabup Lembata, Thomas Ola Langoday. (Prokopim Setda Lembata)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60