Gervas Andalkan JKN-KIS Jalani Operasi Tumor

  • Whatsapp
banner 468x60

PORTALNTT.COM, ATAMBUA – Kehadiran program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan BPJS Kesehatan sejak tahun 2014 silam membuktikan keseriusan pemerintah untuk memberikan perlindungan di bidang kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Dengan berbagai segmen kepesertaan yang terdapat dalam Program JKN-KIS, hal ini tidak menyurutkan BPJS Kesehatan dalam memberikan jutaan manfaat yang bisa diakses oleh peserta JKN-KIS.

Begitu juga yang diakui oleh Gervasius F. Mesakh (18), salah satu peserta JKN-KIS segmen peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Ditemui di kediamannya, Gervas mengaku telah merasakan manfaat dari keberadaan Program JKN-KIS.

“Dua minggu lalu saya merasakan di bawah pipi saya seperti ada benjolan dan bengkak yang sangat mengganggu. Selain bengkak, saya juga merasakan demam, mual dan sakit pada saat menelan makanan. Saya kemudian datang ke Puskesmas Haekesak tempat saya terdaftar untuk memeriksakan sakit yang saya alami. Setelah melakukan pemeriksaan di Puskesmas, saya diberikan rujukan ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ungkap Gervas.

Gervas yang ditemani orang tuanya akhirnya melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Umum Mgr. Gabriel Manek sesuai rujukan yang diberikan dari Puskesmas. Setelah menyampaikan keluhan yang ia rasakan, Gervas di-rontgen untuk mengetahui penyebab dari sakit yang di derita. Setelah hasil rontgen keluar, ternyata Gervas menderita Tumor Submandibula sehingga dokter menyarankan untuk dilakukan tindakan operasi.

“Ini pertama kali saya menggunakan JKN-KIS. Selama saya dirawat di sini, saya merasa senang dan puas atas pelayanan yang dibberikan oleh pihak rumah sakit. Sekarang ini saya merasa kondisi sudah agak membaik dan saya siap jika akan dilakukan operasi untuk mengeluarkan nanahnya. Untung semua biaya perawatan dijamin penuh oleh Program JKN-KIS,” tambah Gervas sambil tersenyum.

Di akhir pembicaraan, Gervas mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah dan BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program karena keberadaan Program JKN-KIS yang sangat berguna dan membantu banyak masyarakat Indonesia di tengah biaya pelayanan kesehatan yang semakin mahal apalagi di tengah situasi pandemi seperti saat ini. Gervas berharap agar manfaat Program JKN-KIS semakin dapat dirasakan oleh masyarakat yang lainnya. (PN)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *