Miliki JKN-KIS, Irma Tak Khawatir Biaya Operasi Caesar

  • Whatsapp
banner 468x60

PORTALNTT.COM, ATAMBUA – Hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan BPJS Kesehatan telah mengubah sistem jaminan kesehatan di Indonesia. Program JKN-KIS terbukti telah memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih baik. Dengan menjadi peserta Program JKN-KIS, kecemasan masyarakat akan tingginya biaya berobat pun perlahan mulai menghilang.

Begitu juga yang dirasakan salah satu peserta JKN-KIS Irmagardis Kolo (33), seorang guru Ekonomi Akuntansi di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Atambua. Rasa aman dan tenang karena sudah menjadi peserta Program JKN-KIS ia rasakan saat memanfaatkan ketika dirinya menjalani persalinan anak pertama hingga persalinan anak ketiga.

“Saya sudah menggunakan JKN-KIS ini sejak saya melahirkan, terakhir tanggal 20 Maret lalu saya melahirkan anak ketiga. Saat proses persalinan anak ketiga, dokter menyarankan untuk operasi caesar karena posisi janin terlentang. Jika dilakukan dengan proses persalinan normal, maka akan berisiko bagi ibu dan calon bayi,” ujar Irma.

Irma mengatakan JKN-KIS sangat bermanfaat bagi dirinya serta keluarga, apalagi khusus untuk wanita hamil. Salah satu manfaat dari kartu ini yaitu dapat memeriksakan kehamilan dan melahirkan, baik itu melahirkan secara normal maupun dengan operasi caesar.

Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta operasi caesar tersebut dilakukan berdasarkan indikasi medis yang jelas dari dokter, maka BPJS Kesehatan dapat menjamin biayanya.

“Waktu disarankan dokter untuk operasi caesar, sempat khawatir dengan biayanya. Namun, dokter menjelaskan bahwa saya sudah menjadi peserta JKN-KIS, maka seluruh biaya ditanggung BPJS Kesehatan,” katanya.

Selain menceritakan kisahnya menjalani persalinan secara operasi caesar untuk anak ketiganya, Irma juga menceritakan bahwa anak pertamanya yang harus dirawat di ruamh sakit selama 3 hari karena demam berdarah dan semua biayanya pun dijamin JKN-KIS serta pelayanan yang diterima sangat baik dengan menggunakan JKN-KIS.

“Menurut saya pribadi, BPJS Kesehatan sangat membantu masyarakat. Pelayanan di fasilitas kesehatan juga sudah baik. Terima kasih JKN-KIS,” tutupnya. (PN)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60