Obati Jantung Sang Anak, Maria Terbebas Dari Biaya Ratusan Juta Rupiah Berkat JKN-KIS

  • Whatsapp
banner 468x60

PORTALNTT.COM, BETUN – Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang telah berjalan hampir 7 tahun itu telah dirasa sangat memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat. Semenjak program mulia ini ada di Indonesia, hal ini memberikan dampak yang bisa berkontribusi dalam hal peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan mencegah kemiskinan karena semuanya saling bergotong royong dalam program ini.

Banyak masyarakat besyukur karena dengan Program JKN-KIS ini, mereka terselamatkan dari biaya pelayanan kesehatan yang tinggi. Salah satu peserta JKN-KIS Maria Florida Dua (31), yang merupakan istri dari seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Malaka menceritakan pengalamannya saat terhindar dari biaya pengobatan jantung sang anak.

Maria begitu sapaan akrabnya mengungkapkan bahwa anaknya menderita penyakit jantung bawaan dari sejak lahir pada bulan Desember 2018 silam. Saat itu dirinya mendapatkan pelayanan persalinan di salah satu rumah sakit yang ada di Atambua. Maria menceritakan saat dirinya dan suami diberitahukan oleh dokter bahwa anaknya menderita penyakit jantung bawaan.

“Anak saya menderita PJB (Penyakit Jantung Bawaan), langsung diketahui dari sejak lahir karena fisiknya nampak biru pada bibir dan kuku. Dokter menyarankan, saat usia 3 bulan dibawa ke Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, tetapi karena kondisi anak saya tidak memungkinkan untuk menunggu sampai 3 bulan. Akhirnya saat usia 40 hari, anak saya dirujuk ke Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta,” tutur Maria.

Ketika ditanya terkait pelayanan yang diberikan di rumah sakit, Maria menyampaikan bahwa tidak ada kendala apapun.

“Pelayanan sangat baik, pengobatan gratis tanpa ada biaya apa pun yang dibayar selama di rumah sakit,” tambah Maria.

Maria bersyukur bahwa ia menggunakan JKN-KIS untuk pengobatan jantung anaknya sehingga terhindar dari biaya yang tinggi.

“Saya sangat bersyukur ada JKN-KIS, saya bisa melakukan pengobatan anak saya secara gratis selama di rumah sakit. Sudah 2 kali anak saya kontrol ke Rumah Sakit Jantung Harapan Kita dan gratis menggunakan JKN-KIS. Dari informasi yang saya peroleh, bahwa biaya untuk Kateterisasi Jantung (CATH) saja mencapai hingga ratusan juta rupiah dan itu di luar tindakan ECHO, rawat inap serta obat. Semua biaya tersebut dijamin penuh JKN-KIS,” ujar Maria.

Di akhir perbincangan, Maria tak lupa mengajak masyarakat untuk tidak ragu menggunakan kartu JKN-KIS saat berobat, karena semua pelayanan yang diberikan oleh seluruh fasilitas kesehatan tidak ada perbedaan dengan pasien umum lainnya. (PN)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60