Home / Daerah / Peduli Korban Bencana La Nina, Bank NTT Buka Donasi Bagi Para Korban

Peduli Korban Bencana La Nina, Bank NTT Buka Donasi Bagi Para Korban

50 Kali dibaca

Bagikan Halaman ini

[addtoany]
[addtoany]

PORTALNTT.COM, KOTA KUPANG – Bibit siklon tropis 99S yang terjadi di Laut Sawu, Provinsi Nusa Tenggara Timur berdampak pada terjadinya curah hujan lebat, disertai angin kencang di beberapa wilayah. Curah hujan yang tinggi selama dua hari terakhir, yakni Sabtu dan Minggu (4-5 April 2021), mengakibatkan terjadinya banjir bandang di sejumlah tempat. Ribuan warga terdampak, ratusan diantaranya meninggal dunia.

Kondisi ini, mengundang keprihatinan bersama. BANK NTT sebagai satu-satunya bank milik pemerintah daerah yang lahir dari rahim Provinsi NTT, ikut terpanggil menggelar aksi donasi kemanusiaan. Aksi ini untuk yang kesekian kalinya, BANK NTT menyatakan turut serta, sepenanggungan dalam derita yang dialami masyarakat.

Untuk mempermudah masyarakat dalam berdonasi, maka manajemen Bank NTT sudah menyediakan kanal, dengan jalan menyiapkan nomor rekening khusus untuk memudahkan dalam pernyataan kepedulian terhadap masalah kemanusiaan ini. Adapun Nomor Rekening yang disiapkan BANK NTT yakni pada Kantor Cabang Khusus dengan nomor rekening: 1000742078 atas nama BANK NTT PEDULI.

Rekening ini dibuka sejak tanggal 5 April hari ini dan akan ditutup pada waktu yang akan ditentukan kemudian. Manajemen BANK NTT berharap agar rekening ini disosialisasikan kepada masyarakat umum sehingga siapapun dipersilahkan memanfaatkan momentum ini untuk menyatakan kepeduliannya terhadap mereka yang terkena bencana. Terutama kepada mitra media, diharapkan agar mempublikasikannya sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam berdonasi.

Donasi ini, adalah bukti kepedulian serta kepekaan manajemen BNK NTT terhadap masalah kemanusiaan sekaligus merupakan komitmen kuat dari bank kebanggaan masyarakat NTT, bahwa bank ini tidak saja terus berinovasi dalam layanan perbankan, melainkan ikut membangun provinsi NTT secara nyata.

Untuk mewujudkan visinya sebagai SMART BANK, maka BANK NTT sudah hadir dalam transaksi layanan digital, yakni melalui M-Banking. Dan, calon donatur pun bisa memanfaatkan layanan ini, untuk mentransfer bukti kasih mereka pada warga terdampak bencana.

Salah satu keunggulan BANK NTT dalam mengelola donasi kemanusiaan ini adalah, selalu ada update data terakhir donatur, yang dilansir di media cetak. Setiap hari, selalu ada laporan nama donator dan total donasi, sehingga masyarakat tidak perlu ragu karena BANK NTT terbuka dalam pengelolaannya. Bahkan dalam seremoni penyerahan pun akan terpublikasi baik itu total jumlah donasi maupun pihak penerima. Dan, manajemen BANK NTT pun memastikan bahwa penerima bantuan kemanusiaan ini adalah Pemerintah Daerah pada wilayah yang terdampak bencana, serta disaksikan berbagai pihak, termasuk kepolisian.

Terkait donasi bantuan kemanusiaan ini, manajemen BANK NTT berterimakasih kepada calon donator yang dengan sukarela memberi dari segala kekurangan.

Korban Kian Bertambah

Untuk diketahui bahwa hingga malam tadi, tercatat, setidaknya korban jiwa mencapai 100 orang. Tertinggi di Kabupaten Flores Timur. Wakil Bupati Flores Timur, Agus Payong Boli, melaporkan bahwa setidaknya 58 orang warganya meninggal dunia akibat banjir bandang yang terjadi di Adonara, Kabupaten Flores Timur.

Terdata, sudah 58 orang warga yang berhasil dievakuasi oleh TIM SAR, seluruhnya meninggal dunia. Data resmi yang dilansir Wakil Bupati Flores Timur itu menyebutkan, evakuasi dilaksanakan sejak Minggu pagi hingga petang.

Mereka adalah warga Desa Nelelamadike, Kecamatan Ile Boleng, dan empat orang lainnya adalah warga Kelurahan Lawerang Kecamatan Adonara Timur. Sedangkan ada tiga warga yang hilang, mereka berasal dari Desa Riang Baran Kecamatan Wotan Ulumado. Para korban ini masih dalam pencarian oleh warga, dibantu tim SAR, aparat TNI dan Polri.

Bencana pun menimpa warga di Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur, Kabupaten Lembata. Dilaporkan, 13 orang warga ditemukan meninggal dunia. Mereka adalah warga Desa Amakaka dan Desa Tanjung Batu masing-masing lima orang dan tiga lainnya warga Desa Waowala. Bencana yang sama melanda daratan Timor. Satu orang anak kecil terseret banjir di Malaka. Masih dari Malaka dilaporkan, tak terhitung banyaknya rumah yang terendam banjir akibat meluapnya Kali Benenain. Banjir merobohkan jembatan terpanjang di NTT itu, serta beberapa ruas jalan Trans Timor pun terputus akibat longsor, pohon tumbang serta jembatan yang ambruk. Bencana terjadi merata di seluruh Provinsi NTT.

Hampir seluruh kabupaaten, melaporkan adanya bencana, dengan total kerugian yang bervariasi, baik korban jiwa maupun material lainnya.

Sementara itu, BMKG memprediksi, terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan sangat lebat, angin kencang dan gelombang tinggi dalam periode sepekan ke depan di sebagian wilayah termasuk Provinsi NTT. 

Bahkan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer-laut menunjukkan bahwa La Nina masih berlangsung paling tidak hingga Mei 2021 dengan kecenderungan menuju netral.

Fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) terpantau aktif di sebagian wilayah Indonesia bersamaan dengan fenomena gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial yang dapat berkontribusi pada peningkatan awan hujan. (Humas Bank NTT)
 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

[addtoany]
[addtoany]