Pengobatan Giginya Dijamin Penuh Program JKN-KIS, Inggrid Ajak Masyarakat Bergabung

  • Whatsapp
banner 468x60

PORTALNTT.COM, KOTA KUPANG – Manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat di Indonesia telah banyak dirasakan oleh penduduk Indonesia khususnya dalam hal pembiayaan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan.

Banyak masyarakat yang merasa diringankan beban pembiayaannya, salah satunya yaitu peserta JKN-KIS asal Kota Kupang, Inggrid Roswita Tokan (28).

Inggrid begitu sapaannya mengaku kerap menggunakan JKN-KIS saat dirinya jatuh sakit dan harus berobat ke fasilitas kesehatan. Salah satunya ketika ia mangalami sakit pada giginya, ia dengan segera pergi ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempatnya terdaftar, dari pemeriksaan di FKTP, dokter merujuknya ke rumah sakit karena sakit pada giginya perlu penanganan lanjutan di rumah sakit.

“Tidak menyangka jika sakit pada gigi saya butuh penanganan lanjutan di rumah sakit, dokter di rumah sakit mengatakan bahwa sakit pada gigi saya diakibatkan karena banyaknya karang pada gigi saya sehingga mengakibatkan pembengkakan pada gusi yang merambat pada sakit gigi,” kata Inggrid mengawali ceritanya.

Selama menjalani proses pengobatan pada giginya, Inggrid mengaku tidak menemukan kendala berarti. Dimulai dari pelayanannya yang cepat dan cekatan, hingga dirinya yang terlepas dari biaya yang timbul atas proses pengobatannya tersebut.

“Pelayanannya sangat cepat dan cekatan. Dokter disana pun ramah dan tidak membeda-bedakan pasien. Satu hal yang pentning, tidak ada biaya sama sekali yang saya keluarkan, beruntungnya saya menjadi peserta JKN-KIS, saya tidak perlu takut lagi untuk berobat ke fasilitas kesehatan,” kata Inggrid.

Dari pengalaman yang ia ceritakan, dirinya dengan penuh semangat mengajak masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS untuk segera mendaftarkan diri beserta anggota keluarga.

“Saya tidak pernah merasa rugi menjadi peserta JKN-KIS, saya pun rutin membayar iuran setiap bulan, karena bagi saya apabila tidak menggunakan, berarti saya dalam kondisi sehat dan iuran yang dibayarkan setiap bulan dapat membantu peserta lain yang sedang sakit dan membutuhkan biaya pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan,” ujarnya.

Ia berharap agar program mulia dari pemerintah ini tetap berjalan di Indonesia, karena telah banyak masyarakat yang terbantu seperti dirinya.

“Semoga Program JKN-KIS semakin dipercaya masyarakat dan jaya selelu,” tutupnya mengakhiri pembicaraan. (dh/sw)

Komentar Anda?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60